Tikus sebagai hama mungkin menjadi hewan yang akan sangat mengganggu bagi semua orang. Ini terutama jika Anda mengetahui mereka telah bersarang di berbagai tempat di dalam rumah dan menyaksikan sendiri tikus masuk rumah serta membuat kekacauan yang cukup besar lainnya.

Terlepas dari betapa menjijikkannya melihat tikus berkeliaran di rumah Anda, tikus merupakan salah satu hewan yang pintar dan memiliki sisi menarik untuk diketahui.

Di antara beberapa fakta tentang tikus yang Rentokil siapkan untuk Anda, kami yakin ada beberapa poin yang memperjelas bahwa tidak ada jalan pintas untuk menyingkirkan tikus sendiri di rumah selain meminta bantuan profesional dari pembasmi tikus terpercaya.

Fakta tentang tikus

Berikut ini adalah 10 fakta mengejutkan tentang tikus yang jarang diketahui oleh banyak orang:

  1. Tikus memiliki daya ingat yang sangat baik
  2. Tikus adalah hewan sosial
  3. Tikus memiliki sifat yang mudah curiga
  4. Tikus adalah hewan yang sangat bersih
  5. Tikus buta warna dan memiliki penglihatan yang buruk
  6. Tikus adalah pendaki, pelompat dan perenang yang lincah
  7. Tikus memiliki gigi yang tajam
  8. Tikus memiliki ekor dengan banyak fungsi
  9. Ada lebih dari 60 spesies tikus di dunia
  10. Tikus memiliki kemampuan reproduksi tinggi

Klik salah satu fakta tikus di atas untuk langsung membaca penjelasan singkat yang Rentokil siapkan untuk Anda.

1. Tikus memiliki daya ingat yang sangat baik

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa tikus selalu digunakan dalam percobaan laboratorium? Ya, tikus tidak hanya hewan yang pintar, tetapi mereka juga memiliki daya ingat yang sangat baik dan seringkali dianalisa oleh para peneliti, khususnya di studi tentang perilaku hewan.

Daya ingat tikus yang sangat baik membantu mereka untuk mampu memetakan ruangan dan mengingat semua rute yang mereka selalu lewati untuk waktu yang lama.

2. Tikus adalah hewan sosial

Penelitian tentang studi perilaku hewan pengerat mengungkapkan bahwa hewan pengerat seperti tikus sejatinya adalah hewan yang mudah bergaul, dan berperilaku paling sosial diantara jenis hewan pengerat lainnya. Mereka akan lebih suka hidup berkelompok dengan tikus lain dan sangat dekat dengan keluarga mereka.

Tikus juga dikenal sebagai “makhluk komensal” karena kemampuan mereka untuk memiliki hubungan intim dengan manusia. Kecerdasan tikus inilah yang mereka memanfaatkan untuk mampu hidup secara dekat dengan manusia melalui kebiasaan mereka untuk bersarang dan ikut menikmati makanan manusia di dalam rumah tanpa pernah Anda sekalipun sadari.

3. Tikus memiliki sifat yang mudah curiga

Apakah Anda pernah merasa lelah menjebak tikus di rumah sendiri? Jangan kecewa dulu! Selain tidak mudah untuk menjebak tikus sendiri di rumah tanpa bantuan jasa pembasmi tikus, ternyata tikus memiliki sifat yang mudah curiga terhadap sesuatu hal baru yang mereka temukan di lingkungan mereka.

Butuh beberapa saat (antara satu hingga beberapa hari) untuk membuat tikus terbiasa dengan perangkap tikus yang dipasang di dekat tempat yang biasa mereka lalui. Ini sebabnya mengapa hasil perangkap tikus tidak pernah instan dan membutuhkan waktu untuk membuahkan hasil.

4. Tikus adalah hewan yang sangat bersih

Meskipun reputasi tikus adalah hewan kotor dan menjijikan, namun siapa sangka bahwa secara alami tikus adalah hewan yang sangat bersih dan sangat tidak suka jika badannya kotor! Tikus akan merawat diri atau mandi secara teratur selama beberapa jam setiap harinya bahkan jauh lebih sering daripada kucing.

5. Tikus buta warna dan memiliki penglihatan yang buruk

Tikus adalah hewan yang memiliki penglihatan yang buruk! Dan sama seperti manusia pada umumnya yang buta warna – tikus juga hanya mampu melihat beberapa warna dan menganggap warna tertentu sebagai warna abu-abu.

Meskipun penglihatannya kurang, tikus Slot777 Gacor memiliki indera perasa yang sangat sensitif melalui kumisnya. Mereka akan menggunakan kumis mereka sebagai isyarat sensorik untuk mendukung kegiatan sehari-hari mereka, seperti menyentuh objek, navigasi arah dan alat untuk membedakan setiap makanan yang mereka temukan.

6. Tikus adalah pemanjat, pelompat dan perenang yang lincah

Secara umum, semua spesies tikus sangat cepat dan gesit, sama seperti yang Anda lihat pada seekor anjing atau kucing. Tidak percaya dengan pernyataan tersebut?

Berikut ini adalah beberapa “catatan” menakjubkan yang dapat dicapai tikus melalui kelincahannya:

  • Tikus atap adalah pemanjat yang unggul dan spesies tikus satu ini dapat memanjat permukaan yang sedikit kasar ke atas atau ke bawah
  • Tikus got atau juga dikenal dengan sebutan tikus Norwegia dapat melompat 77cm secara vertikal dan 120cm secara horizontal
  • Tikus dapat berenang dan mengarungi air hingga tiga hari, dan bahkan menahan napas untuk waktu yang lama di dalam air

7. Tikus memiliki gigi yang tajam

Tikus memiliki sepasang gigi seri yang sangat tajam dan tumbuh secara terus-menerus sepanjang hidup mereka. Gigi seri mereka yang kuat dan tajam ini memiliki banyak fungsi termasuk sebagai alat pertahanan dan senjata dalam menghancurkan benda keras untuk mendapatkan akses masuk ke dalam rumah Anda melalui dinding atau atap.

Meskipun demikian, tikus harus memastikan bahwa gigi seri mereka tumbuh secara terkendali, atau jika tidak gigi tikus ini akan membunuh dirinya sendiri.

Ini adalah alasan mengapa mereka akan terus-menerus mengasah gigi seri mereka dengan cara mengunyah atau menggerogoti benda-benda padat seperti aluminium, kayu, kawat, dan benda lunak seperti plastik dan kabel listrik yang dapat menjadi bahaya kebakaran.

8. Tikus memiliki ekor dengan banyak fungsi

Tikus menggunakan banyak hal, dan salah satunya adalah untuk keseimbangan. Selain itu, ekor tikus juga mereka fungsikan sebagai alat komunikasi dengan tikus lain serta cara untuk mengontrol atau menyesuaikan tubuh mereka pada suhu yang tepat.

9. Ada lebih dari 60 spesies tikus di dunia

Menurut data dari Integrated Taxonomic Information System (ITIS), terdapat setidaknya 60 spesies tikus yang dapat ditemukan di seluruh dunia. Setiap spesies atau jenis tikus tersebut memiliki ukuran yang bervariasi, mulai yang berukuran dari satu inci hingga 10 inci atau dikenal dengan sebutan tikus raksasa.

Di Indonesia sendiri, setidaknya terdapat 2 spesies tikus yang paling sering mengganggu rumah pribadi dan properti bisnis, antara lain adalah:

  • Tikus atap (Rattus rattus)
  • Tikus got atau tikus Norwegia (Rattus norvegicus)

10. Tikus memiliki kemampuan reproduksi tinggi

Mengapa tikus memiliki tingkat reproduksi tinggi?

Tidak seperti hama lainnya, tikus tidak memiliki musim kawin, dan dikenal dengan kemampuan reproduksi tinggi dalam waktu singkat. Seekor tikus betina umumnya akan melewati periode kehamilan sebanyak 6 kali dalam setahun, dan di dalam satu periode mereka akan melahirkan sekitar 12 anak tikus, meskipun 5-10 anak lebih sering.

Tikus mencapai kematangan seksual setelah 4-5 minggu, artinya suatu populasi dapat membengkak dari hanya 2 ekor tikus menjadi sekitar 1,250 tikus dalam satu tahun dengan potensi populasi tikus untuk tumbuh lebih besar secara eksponensial.

Mengatasi tikus di rumah & bisnis dengan bantuan Rentokil

Rentokil memahami bahwa mengatasi masalah tikus di rumah atau bisnis bukanlah suatu pekerjaan yang mudah. Oleh karenanya, sebagai pest control tikus terpercaya di Indonesia, Rentokil berkomitmen untuk memberikan solusi yang cepat, aman, dan efektif untuk memberi Anda perlindungan jangka panjang terhadap masalah tikus di properti Anda.

Jangan buang waktu Anda, hubungi kami secara online untuk segera menjadwalkan pengendalian tikus di properti Anda.

Baca Juga : https://www.botanicayoruba7.com/mengenal-tanaman-beracun-nerium-oleander/

Tags:

Explore More

Hewan Eksotis yang Bisa Dipelihara di Rumah

memelihara hewan eksotis
September 3, 2023 0 Comments 2 tags

Contents1 Pilihan Hewan Eksotis untuk Peliharaan di Rumah1.1 Rubah Fennec1.2 Ikan Koi1.3 Hamster1.4 Marmut Guinea Pig “Memiliki hewan peliharan diketahui punya banyak nilai positif. Selain sebagai teman di rumah, hewan

5 Perbedaan Utama Kera dan Monyet

kera
Juli 16, 2023 0 Comments 1 tag

Contents1 Kera vs monyet2 Owa Ungko3 salah satu jenis monyet di Semenanjung Kampar Mungkin banyak di antara kita yang masih tertukar ketika menggunakan istilah ‘kera’ dan ‘monyet’, karena faktanya terdapat

Mengenal Sapi Pasundan Sebagai Ternak Asli Jawa Barat

Sapi Pasundan
Juli 5, 2023 0 Comments 1 tag

Sapi Pasundan merupakan sapi lokal yang ada di Jawa Barat. Sapi ini berasal dari hasil persilangan antara Bos sundaicus/ banteng/sapi bali, dengan sapi jawa, sapi madura dan sapi sumba ongole