Philodendron termasuk jenis tanaman hias yang sedang tren dan sangat mudah dikembangkan. Ciri khasnya berupa daun hijau berbentuk hati yang mengkilap. Tanaman hias ini menambahkan sentuhan hijau ke rumah.

Beberapa jenis Philodendron bisa dijadikan tanaman rambat dan gantung yang indah. Sementara harganya variatif, mulai dari Rp15.000 sampai ratusan ribu rupiah.

Berikut ini beberapa jenis Philodendron cantik yang layak dikoleksi.

1. Heartleaf Philodendron (Philodendron hederaceum)

Jika Anda termasuk pemula dalam berkebun, Anda bisa menanam heartleaf Philodendron. Juga dikenal dengan nama Philodendron scandens, tanaman hias yang satu ini mudah beradaptasi terhadap lingkungan sekitarnya. Perawatannya tidak akan membuat Anda kesulitan.

Heartleaf Philodendron memiliki ciri khas berupa daun berbentuk hati yang tumbuh menyulur. Tanaman ini bisa tumbuh setinggi 10–15 cm, bahkan di dalam ruangan.

2. Philodendron Red Leaf (Philodendron erubescens)

Tanaman bernama ilmiah Philodendron erubescens ini juga dikenal dengan nama red leaf Philodendron dan Philodendron pink princess. Ciri khasnya berupa daun lebar sewarna tembaga.

Warna daun dari Philodendron jenis ini bisa bervariasi, tergantung dari pencahayaan tempatnya diletakkan. Warnanya bisa berubah menjadi hijau gelap, kehitaman, atau bahkan pink.

3. Philodendron Elephant Ear (Philodendron domesticum)

Selanjutnya ada Philodendron domesticum yang juga dikenal dengan nama silversword atau spade leaf Philodendron. Tanaman hias yang satu ini memiliki daun berwarna kelabu kebiruan saat masih anak. Jika daun sudah tua, warnanya akan berubah hijau-kelabu cantik. Pangkas secara teratur agar daun baru yang sehat terus tumbuh.

4. Philodendron Moonlight

Philodendron jenis ini memiliki daun lebar berbentuk lonjong dengan warna hijau pupus. Daun yang masih muda berwarna kuning cerah kehijauan. Penampilannya yang mencolok membuat ruangan terlihat lebih segar.

Tidak seperti jenis Philodendron lain, tanaman ini tidak akan tumbuh menyulur dan merambati pagar. Namun dia bisa tumbuh seperti semak. Jika tidak ingin tanaman ini tumbuh terlalu besar, pelihara di pot saja.

5. Philodendron Congo Rojo

Congo rojo termasuk kultivar Philodendron yang tergolong baru. Tanaman hias yang satu ini mudah beradaptasi dengan segala jenis cuaca, kecuali udara yang terlalu dingin. Daunnya berwarna hijau gelap, lebar, dan mengkilap; didukung batang lurus yang cukup tebal.

6. Tree Philodendron (Philodendron selloum)

Memiliki nama ilmiah Philodendron selloum, tree Philodendron atau Philodendron pohon bisa tumbuh mencapai 15 cm. Tanaman hias ini memiliki daun hijau gelap dengan tepi berumbai seperti pakis. Sementara batangnya cukup tebal dan kokoh.

7. Philodendron Winterbourn (Philodendron Xanadu)

Philodendron Xanadu atau winterbourn Philodendron termasuk jenis tanaman hias berukuran sedang. Tumbuhnya tak lebih dari 10 cm. Tanaman hias ini juga memiliki daun warna hijau gelap dengan tepian bergerigi. Sekilas penampilannya sedikit mirip dengan Philodendron selloum.

8. Philodendron Brasil (Philodendron hederaceum

Philodendron termasuk jenis tanaman hias yang sedang tren dan sangat mudah dikembangkan, begitu juga dengan Philodendron brasil. Tanaman yang tumbuh merambat ini memiliki daun hijau berbentuk hati mengkilap.

Sekilas penampilannya mirip pothos atau sri rejeki. Hanya saja Philodendron brasil memiliki guratan kekuningan di tulang daunnya.

9. Fiddleleaf Philodendron (Philodendron bipennifolium)

Philodendron bipennifolium atau dikenal juga dengan nama fiddleleaf Philodendron merupakan tanaman hias yang awalnya hanya tumbuh di Argentina, Bolivia, Paraguay, dan hutan hujan tropis Brasil.

Philodendron jenis ini bisa tumbuh hingga 25 cm. Agar tidak tumbuh menyebar terlalu besar, ikat tangkainya.

10. Philodendron White Knight

Philodendron sp. White Knight atau disebut juga dengan nama white knight Philodendron termasuk tanaman hias bernilai tinggi. Philodendron jenis ini tergolong langka. Selain itu penampilannya yang cantik dengan daun hijau-cokelat dan bercak-bercak putih membuat para kolektor memburunya. Jadi, jangan heran kalau harganya juga selangit.

11. Philodendron Velvet-Leaf (Philodendron hederaceum micans)

Memiliki nama latin Philodendron hederaceum micans, tanaman hias yang satu ini termasuk kultivar heartleaf Philodendron. Penampilannya pun mirip, hanya saja permukaan daun dihiasi rambut-rambut halus seperti beludru. Sementara warna daunnya ungu bersemu merah.

12. Philodendron Naugahyde (Philodendron rugosum)

Selanjutnya ada Philodendron naugahyde yang memiliki nama ilmiah Philodendron rugosum. Philodendron jenis ini juga tergolong langka.

Jika dilihat sekilas, tanaman hias ini mungkin lebih mirip dengan Caladium atau Alocasia. Daunnya lebar dan berkilau seperti tanaman plastik. Sementara warnanya cenderung hijau kebiruan.

13. Brandi Philodendron (Philodendron brandtianum)

Philodendron brandtianum atau Philodendron brandi memiliki daun yang cantik seperti motif lantai keramik. Daunnya berwarna kelabu keperakan dengan garis-garis hijau menghiasi permukaan.

Philodendron brandi sangat cocok untuk dijadikan tanaman hias indoor. Pasalnya, tanaman ini toleran terhadap pencahayaan minim. Selain itu, dia juga mampu menyerap racun dari udara di dalam ruangan tertutup.

14. Philodendron grazielae

Tanaman hias yang satu ini terlihat imut dengan daun berbentuk hati membulat dengan warna hijau pupus berkilau. Pertumbuhannya memang sedikit lambat jika dibandingkan Philodendron jenis lain. Karena itu, Anda harus telaten dalam merawatnya.

Philodendron grazielae cenderung tumbuh menjalar ke bawah. Jika Anda ingin tanaman ini terlihat lebat dengan tumbuh ke atas, sebaiknya tancapkan kayu sebagai penopang.

15. Philodendron Prince of Orange

Philodendron jenis ini memilik daun berwarna hijau neon yang cantik. Sementara daun muda yang berada di tengah berwarna oranye cerah. Ukuran daunnya lebar, berbentuk lonjong, dan memiliki permukaan halus seperti plastik. Tanaman ini bisa tumbuh sampai setinggi 20 cm hingga 60 cm.

Demikian keterangan singkat mengenai jenis-jenis philodendron yang bisa ditanam di dalam ruangan.

Baca Juga : https://www.botanicayoruba7.com/mengenal-pohon-dolar/

Explore More

5 Jenis Jaringan Tumbuhan & Fungsinya, Ada Apa Saja?

jaringan tumbuhan
Mei 22, 2023 0 Comments 1 tag

Contents1 1. Jaringan Meristem2 2. Jaringan Penyokong3 3. Jaringan Dasar/Parenkim4 4. Jaringan Pengangkut5 5. Jaringan Pelindung/Epidermins Apa kamu tahu kenapa pohon bisa bertambah besar dan tinggi? Hal itu dikarenakan sel-sel

7 Tanaman Obat Untuk Mengatasi Ambeien yang Mengganggu dan Menyakitkan

obat ambeien alami dari tumbuhan
Juni 5, 2023 0 Comments 1 tag

Ambeien sendiri merupakan istilah awam yang diberikan pada masalah kesehatan hemoroid. Menurut Mayo Clinic, hemoroid adalah pembengkakan pembuluh darah di anus dan rektum bagian bawah yang bentuknya mirip dengan varises. Berbagai

Poison Ivy, Tanaman Beracun Penyebab Ruam

tumbuhan poison lvy
Juni 28, 2023 0 Comments 1 tag

Contents1 Gejala alergi poison ivy2 Diagnosis dan cara penanganan3 Penanganan sendiri di rumah3.1 Membasuh kulit dan pakaian3.2 Konsumsi antihistamin3.3 Mengoleskan lotion3.4 Menenangkan kulit3.5 Aplikasikan lidah buaya4 Apakah poison ivy menular?5