Pohon memang gak pernah lepas dari kehidupan manusia. Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari pohon itu. Tanpa pohon, bumi mungkin akan kehilangan fungsinya. Maka, hari ini 21 November 2018 diperingati sebagai Hari Pohon Sedunia.

Tapi guys, gak semua pohon di dunia ini aman untuk digunakan. Beberapa pohon kadang berbahaya dan sangat mematikan, salah satunya adalah pohon manchineel. Selain mematikan, pohon ini juga dapat menimbulkan kematian.

Inilah 5 fakta dari pohon manchineel, pohon yang perlu kamu hindari.

1. Berasal dari Pulau Karibia

Pohon mematikan ini dikenal berasal dari pulau Karibia. Sedangkan di spanyol, pohon Manchineel dikenal sebagai “pohon kematian” atau arbol de la muerte.

Selain berasal dari pulau Karibia, pohon Manchineel dikenal ada di daerah-daerah tropis seperti Amerika Utara bagian selatan, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan bagian utara.

2. Buah mirip apel yang sangat beracun

Walaupun buah Manchineel terlihat segar dan nikmat seperti apel, tapi kamu jangan sekali-kali mencoba untuk memakannya. Karena dibalik rupanya yang terlihat segar, ada racun yang sangat mematikan.

Buah yang memiliki nama ilmiah Hippomane mancinella ini ternyata mengandung senyawa kimia karsinogenik yang bisa menyebabkan tenggorokan terasa terbakar dan sesak nafas.

3. Getah yang mampu menimbulkam luka terbakar

Selain buahnya yang mematikan, getah dari pohon manchineel ini juga tak kalah mematikan. Jangan sekali-kali kamu berteduh dibawah pohon machineel saat hujan. karena getahnya mengandung phorbol, zat yang dapat dengan mudah larut dalam air.

Jika kulitmu terkena zat tersebut, maka akan menimbulkan luka terbakar dan meleleh.

4. Paparan asap kayu manchineel dapat menyebabkan buta permanen

Membakar pohon ini pun tak akan menyelesaikan masalah. Jika asap dari pohon Manchineel terkena mata, kamu akan merasakan perih dan bahkan menyebabkan buta permanen.

5. Dinobatkan Guiness Book World of Record sebagai pohon paling mematikan di dunia

Tidak heran memang jika Guinness Book World of Record menobatkannya sebagai pohon paling mematikan di dunia. melihat semua bagian dari machineel dapat mengakibatkan kematian.

Tapi guys, walaupun pohon manchineel merupakan pohon paling mematikan bukan berarti tidak memiliki manfaat. Pohon manchineel berguna sebagai penahan angin agar tidak terjadi erosi dipantai Amerika.

Nah, itu dia fakta-fakta tentang pohon manchineel. Jika kamu sedang berlibur di daerah-daerah tropis dan bertemu dengan pohon ini. Sebaiknya kamu tidak melakukan kontak fisik dengan pohon Manchineel ini guys. Meski begitu, mari kita tetap lestarikan pohon-pohon yang ada di sekitar khususnya pada Hari Pohon Sedunia ini. Semua demi keberlangsungan kehidupan kita di Bumi!

Baca Juga : https://www.botanicayoruba7.com/tumbuhan-angiospermae/

Explore More

Mengenal Tumbuhan Kantong Semar Dan Penyebarannya Di Berbagai Wilayah

Mengenal Tumbuhan Kantong Semar Dan Penyebarannya Di Berbagai Wilayah
Februari 19, 2024 0 Comments 1 tag

Contents1 Karakteristik Umum Tumbuhan Kantong Semar:2 Penyebaran di Berbagai Wilayah:3 Peran Ekologis: Tumbuhan kantong semar (Nepenthes) adalah jenis tumbuhan karnivora yang terkenal dengan strukturnya https://www.donboscopanjim.com/ yang unik berbentuk kantong seperti labu

Sempat Punah 3 Dekade, Lentera Peri Muncul di dalam Hutan Jepang

Mei 7, 2023 0 Comments 3 tags

Ilmuwan Jepang ulang menamukan tanaman lentera peri di kedalaman hutan Jepang. Spesies yang diperkirakan punah ini merupakan keliru sau type tumbuhan parasit yang langka. Dalam sebuah jurnal yang terbit terhadap

Mengenal Hogweed, Tanaman yang Bisa Menyebabkan Luka Bakar

hoogweed
Juli 11, 2023 0 Comments 1 tag

Contents1 Etimologi2 Deskripsi2.1 Siklus hidup Tiba-tiba nama tanaman ini banyak dicari orang di mesin pencari: Hogweed, namanya. Semula adalah berita tentang remaja Virginia, Amerika Serikat bernama Alex Childress yang menderita