Parents, belajar tentang fakta menarik hewan bersama si kecil, yuk. Kali ini, bagaimana jika kita membahas tentang hewan yang memiliki pergerakan terlambat di dunia?

Seperti diketahui, beberapa hewan memang memiliki pergerakan yang lambat. Tak semuanya punya kecepatan serupa dengan hewan tercepat seperti cheetah dan greyhound yang memamerkan proautogroupllc kecepatan anggun mereka. Sebaliknya, makhluk-makhluk ini puas dengan berjalan-jalan dan merayap secara lambat. Bahkan, kadang mereka bergerak hanya beberapa kaki per menit, lo.

Untuk mengetahui hewan apa saja yang punya pergerakan lambar, yuk simak daftar hewan terlambat di dunia seperti dilansir dari Tree Hugger berikut ini!

Daftar Hewan dengan Pergerakan Terlambat di Dunia

1. Sloth/Kukang

Sloth menghabiskan hari-hari mereka di puncak pohon dan nyaris tidak bergerak!

Mereka memiliki metabolisme yang sangat lambat. Oleh karena itu, mereka hanya makan beberapa daun dan ranting untuk memenuhi nutrisi harian.

Diketahui, sloth merangkak dengan kecepatan hanya 1 kaki per menit. Mereka memiliki lengan yang sangat panjang, tetapi tulang belikat yang sangat pendek. Kondisi fisik tersebutlah yang memberi mereka jangkauan luas tanpa banyak bergerak, memungkinkan mereka menghemat energi.

2. Siput Taman

Ketika hanya memiliki satu kaki, pastinya akan sulit untuk bergerak dengan sangat cepat, ya. Inilah yang harus dilakukan oleh setiap jenis siput. Siput taman sendiri memiliki organ datar dan berotot yang mendorongnya dengan sangat lambat.

Untuk membantunya bergerak, siput mengeluarkan aliran lendir untuk mengurangi gesekan. Itu sebabnya, kita mungkin selalu melihat jejak lendir di belakang siput taman.

Kecepatan tertinggi siput taman adalah 1/2 inci (1,3 sentimeter) per detik, tetapi ia dapat bergerak sepelan sekitar 1/10 inci (0,28 sentimeter).

3. Bintang laut, Salah Satu Hewan dengan Pergerakan Terlambat di Dunia

Hewan terlambat di dunia lainnya adalah bintang laut. Hewan ini keras di bagian atas dengan banyak kaki tabung kecil yang bergoyang-goyang di bagian bawah.

Kaki mungil itu membantu bintang laut menangkap permukaan dan bergerak secara lambat. Menurut Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional (NOAA), bintang laut dewasa dapat bergerak dengan kecepatan satu meter (sekitar satu yard) per menit menggunakan semua 15.000 kaki tabungnya yang membantunya.

4. Kura-kura Raksasa Galapagos

Ada banyak subspesies kura-kura raksasa yang hidup di berbagai pulau, tetapi yang paling terkenal adalah kura-kura raksasa Galapagos.

Spesies kura-kura terbesar yang masih hidup, Galapagos ini dapat hidup selama 150 tahun atau lebih, lo.

Charles Darwin mempelajari kura-kura ketika dia berada di Galapagos pada tahun 1835. Kura-kura bergerak dengan kecepatan 60 yard per menit sehingga menjadinya salah satu hewan terlambat di dunia.

5. Siput pisang

Siput pisang merupakan hewan terlambat di dunia selanjutnya. Jenis siput satu ini bisa bergerak dengan kecepatan 6,5 inci dalam waktu 120 menit atau 2 jam.

Siput pisang bergerak dengan mendorong diri mereka sendiri di sepanjang satu kaki mereka yang berotot. Kelenjar di kaki itu mengeluarkan butiran lendir kering yang kemudian menyerap air di sekitarnya untuk berubah menjadi lendir.

Baca Juga : Beberapa Perbedaan Armadillo dan Trenggiling, Mereka Sama-Sama Hewan Berkulit Keras!

Zat licin itu membantu melumasi jalan mereka saat mereka merangkak perlahan. Siput pisang juga memiliki sumbat lendir di ujung ekornya yang dapat digunakan untuk menghasilkan tali bungee lendir untuk turun dari tempat tinggi.

6. Kukang, Hewan Terlambat di Dunia yang Cukup Berbahaya

Kukang juga termasuk dalam hewan terlamat di dunia. Ia bergerak lambat untuk menangkap mangsanya. Awalnya, kukang akan berjalan sangat pelan, kemudian ia akan bergerak cepat untuk menyernag mangsanya ketika jarak keduanya sudah dekat.

Hewan kecil ini mungkin terlihat sangat lucu dan menggemaskan, tetapi kukang adalah satu-satunya primata berbisa di dunia.

Makhluk berbulu itu memiliki racun di mulutnya dan mengeluarkan racun dari kelenjar di sisi sikunya. Mereka menyebarkan campuran beracun di bulu mereka untuk mencegah pemangsa atau hanya mengejar mereka dengan gigitan mematikan.

7. Anemon laut

Ada lebih dari 1.000 spesies anemon laut di seluruh dunia. Makhluk bawah air yang berwarna-warni dan menarik ini menggunakan satu-satunya kaki mereka — disebut cakram pedal — dan sekresi lendir untuk menempelkan diri pada cangkang, tanaman, batu, atau terumbu karang.

Mereka jarang melepaskan diri, menunggu ikan cukup dekat untuk mereka mangsa. Namun, ketika mereka bergerak, kecepatan mereka sekitar satu sentimeter (0,04 inci) per jam.

Explore More

Mengenal Jenis Harimau di Dunia

harimau
Juli 14, 2023 0 Comments 1 tag

Contents0.1 Harimau Sumatra0.2 Harimau Siberia0.3 Harimau Benggala0.4 Harimau Benggala Putih1 Taksonomi dan genetika1.1 Subspesies1.1.1 Subspesies yang masih hidup1.1.2 Subspesies yang punah2 Ciri fisik3 Harimau sebagai hewan nasional Harimau merupakan spesies kucing

Mengenal Hewan Nokturnal, Begini Keistimewaan dan Contohnya

hewan nokturnal
September 7, 2023 0 Comments 2 tags

Contents1 Kenapa Hewan Nokturnal Aktif di Malam Hari?1.1 Keistimewaan Hewan Nokturnal2 Contoh Hewan Nokturnal2.1 1. Beruang Madu2.2 2. Kucing Merah2.3 3. Macan Tutul2.4 4. Sigung (Teledu, Skunk, Malay Badger)2.5 5.

5 Fakta Menarik tentang Kukang, Hewan Nocturnal Nan Lambat

kukang
September 5, 2023 0 Comments 3 tags

Contents1 1. Kukang adalah primata yang hidup di Asia Selatan dan Tenggara2 2. Memiliki racun yang mampu melumpuhkan musuh3 3. Termasuk hewan soliter dan nokturnal4 4. Memiliki kaki dan tangan