Keajaiban alam Indonesia tersebar di semua pelosok negeri, dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote. Mulai dari gunung, pantai, sampai hutan di Indonesia menyuguhkan berbagai keajaiban alam yang menawan dan memesona.

Berikut adalah 8 keajaiban alam Indonesia sanggup jadi destinasi wisata bersama dengan keindahan memesona:

Kawah Ijen

Keajaiban alam Indonesia selanjutnya adalah Kawah Ijen, Jawa Timur. Kawah Ijen merupakan satu dari dua tempat fenomena alam blue fire di dunia tak hanya di Islandia, Eropa Utara. Blue fire https://www.pn-bajawa.com/ sanggup diamati langsung waktu kondisi gelap tanpa cahaya, umumnya waktu dini hari.

Kawah Ijen terhitung dikenal sebagai danau air asam kuat terbesar di dunia. Wisatawan sanggup lihat uap yang keluar dari kawah, bersama dengan pancaran warna biru kehijauan nan cantik di anggota permukaannya.

Gunung Bromo

Dengan keindahan alam yang ditawarkan, tidak heran terkecuali Gunung Bromo jadi keliru satu keajaiban alam Indonesia. Bahkan, Gunung Bromo dulu masuk ke di dalam “_50 Awe-inspiring Natural Wonders_” versi CNN Travel terhadap 2017.

Wajar saja, gara-gara Gunung Bromo jadi keliru satu lokasi paling strategis untuk nikmati keindahan matahari terbit secara langsung. Di Bromo, wisatawan terhitung sanggup lihat langsung kawah seluas 10 km yang terbentuk sehabis terjadinya letusan api vulkanik kaldera Tengger.

Rafflesia Arnoldii

Keajaiban alam di Indonesia selanjutnya adalah bunga endemik Rafflesia Arnoldii yang langka. Berbeda bersama dengan bunga terhadap umumnya, Rafflesia Arnoldii mempunyai diameter lumayan besar, apalagi menggapai satu meter. Ciri khas bunga ini mempunyai bau yang tajam. Bahkan aroma kuatnya sanggup tercium sampai radius 30 meter.

Saat ini Rafflesia Arnoldii sanggup diamati di sebagian tempat, seperti Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas Cianjur, Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS).

Green Canyon

Berlokasi di Jawa Barat, Green Canyon jadi keliru satu destinasi wisata keajaiban alam Indonesia yang tidak boleh dilewatkan. Saat tiba, pemandangan spektakuler dari tebing tinggi tunggu para wisatawan.

Pengunjung sanggup menyusuri aliran sungai berwarna hijau jernih yang seakan membelah tebing tinggi di sekitarnya. Tebing di Green Canyon berwarna hijau cantik nan unik akibat dipenuhi lumut. Dilihat dari pemandangan yang diberikan, tentu tidak heran terkecuali Green Canyon dijuluki sebagai “sepotong surga di bumi”.

Raja Ampat, Papua

Satu kembali keajaiban alam Indonesia yang tawarkan pesona alam tak terhingga; Raja Ampat. Berada di Papua Barat, Raja Ampat mempunyai alam yang masih “perawan” dengan laut yang jernih tak berujung.

Raja Ampat dikenal mempunyai keindahan bawah laut yang benar-benar memesona. Bahkan, Raja Ampat menjadi “rumah” bagi 540 jenis terumbu karang, serta lebih berasal dari 1.000 jenis ikan.

Tidak heran kalau Raja Ampat dijuluki sebagai “_The Last of Paradise_”, sampai menjadi spot diving terbaik di dunia pada 2015 oleh CNN.

Setelah memandang 8 keajaiban alam Indonesia di atas, maka tak mengherankan kalau lokasi-lokasi tersebut menjadi kekuatan tarik tersendiri bagi wisatawan didalam dan luar negeri.

Pulau Komodo

Pulau ini merupakan salah satu berasal dari tujuh keajaiban dunia versi “New 7 Wonders”, dan menjadi habitat asli hewan purba komodo. Berdasarkan information Taman Nasional Komodo, pada 2018 populasi komodo di Pulau Komodo sebanyak 2.872 ekor.

Di pulau ini yang terdapat di provinsi Nusa Tenggara Timur ini, wisatawan tak cuma mampu memandang komodo secara langsung, namun terhitung berbagai jenis satwa liar lainnya. Misalnya kuda poni, Rusa Timor, sampai berbagai macam spesies reptil.

Pemandangan yang di tawarkan pun tak kalah menawan. Selain perbukitan yang indah, terkandung panorama bawah laut yang benar-benar luar biasa. Taman Nasional Komodo terdapat pas di jantung segitiga terumbu karang Asia Pasifik, dan menjadi salah satu surga bawah laut terkaya di dunia.

Taman Nasional Tanjung Puting

Berlokasi di Kalimantan Tengah, Taman Nasional Tanjung Puting menjadi salah satu keajaiban alam Indonesia yang perlu masuk didalam daftar destinasi wisata yang perlu dikunjungi. Tanjung Puting menjadi rumah bagi delapan spesies monyet yang beberapa di antaranya masuk kategori langka, layaknya hewan endemik Kalimantan bekantan.

Salah satu langkah nikmati Taman Nasional Tanjung Puting adalah terjadi kaki di pada rimbunnya hutan tropis yang eksotis, sembari memandang langsung orang utan, monyet, babi hutan, dan berbagai macam satwa liar lainnya. Menariknya, Taman Nasional Tanjung Puting terhitung menjadi surga untuk lebih berasal dari 220 spesies burung.

Danau Kelimutu

Ingin nikmati panorama destinasi keajaiban alam yang tidak biasa di Indonesia? Danau Kelimutu adalah pilihan yang tepat.

Danau Kelimutu merupakan bagian berasal dari Taman Nasional Kelimutu, Nusa Tenggara Timur. Di sini wisatawan mampu memandang tiga danau vulkanik di satu gunung yang sama, Kelimutu.

Daya tarik utama Danau Kelimutu adalah warna danau yang berbeda-beda. Perubahan warna danaunya tidak mampu diprediksi. Terkadang berwarna biru, hijau, hitam, atau apalagi mampu menjadi merah dan putih.

Explore More

Gunung Kilimanjaro: Gunung Tertinggi di Benua Afrika

gunung kilimanjaro
Juli 20, 2023 0 Comments 1 tag

Contents1 Fakta tentang Gunung Kilimanjaro1.1 1. Puncak Tertinggi bernama Puncak Uhuru1.2 2. Johannes Kinyala Lauwo adalah Pendaki Pertama di Puncak Uhuru1.3 3. Berdiri Sendiri1.4 4. Dekat dengan Katulistiwa Gunung tertinggi

Lelembut, Peri Hutan dan Hewan Magis dari Hutan Dalam yang Sering Muncul di Pegunungan Indonesia

peri hutan
Agustus 11, 2023 0 Comments 3 tags

Contents1 Berbagai Mitos2 Ritual Untuk Lelembut Hutan3 Kemunculan Yang Bukan Sembarangan4 Kepercayaan Telah Memudar Indonesia, negara kepulauan yang kaya akan keindahan alam, telah lama dikenal sebagai tempat berbagai keajaiban, termasuk

Gunung Kangchenjunga: Gunung Sakral yang Sangat Sulit Digapai Para Pendaki

Kangchenjunga
Juni 30, 2023 0 Comments 1 tag

Kangchenjunga (Nepali:कञ्चनजङ्घा Kanchanjaŋghā) SewaLungma (Limbu) adalah gunung tertinggi ke-3 di dunia setelah Gunung Everest dan Chogori) dengan ketinggian 8.586 meter (28.169 kaki). Gunung ini juga adalah gunung tertinggi ke-2 di Nepal. Kangchenjunga berarti “Lima Harta Karun Salju, karena ia