Ada banyak sekali spesies kura-kura darat. Indonesia patut berbangga karena mempunyai salah satunya yaitu emys yang hidup di Pulau Kalimantan serta forsteni di Pulau Sulawesi. Kura-kura Rusia alias Russian Tortoise merupakan kura-kura darat yang cukup banyak dipelihara di Indonesia walaupun kura-kura ini sebenarnya berasal dari luar negeri. Russian tortoise (Agrionemys horsfieldii) adalah spesies kura-kura darat yang memiliki postur cukup kecil. Kura-kura rusia jantan umumnya mempunyai ukuran maksimal sekitar 13-20 cm. Sedangkan ukuran betinanya berkisar antara 15-25 cm.

Kura-kura rusia merupakan binatang herbivora ya. Jadi tak heran kalau makanan utama russian tortoise terdiri dari tumbuh-tumbuhan. Di habitat alaminya, kura-kura ini sering memakan tanaman liar seperti rumput, kaktus, dan bunga-bunga liar. Tidak sulit kok untuk memelihara kura-kura yang satu ini. Namun karena dia bukan berasal dari Indonesia, Anda harus memberikannya perlakuan khusus supaya si russian tortoise ini bisa hidup dengan nyaman. Ya, dibutuhkan upaya khusus untuk dapat memelihara kura-kura rusia ini di sini sebab notabene mempunyai kondisi iklim yang berbeda dari habitatnya.

Nah bagi Anda yang tertarik memelihara russian tortoise sendiri silakan ikuti kiat-kiat untuk merawatnya di bawah ini ya. Ini merupakan panduan dasar dalam memelihara kura-kura rusia yang ditujukan khusus buat Anda yang masih pemula.

KANDANG

Kandang yang dimaksud di sini merupakan tempat tinggal bagi russian tortoise. Kandang tadi tidak perlu mewah, tapi wajib selalu terjaga kondisinya dengan baik. Karena russian tortoise merupakan kura-kura darat, maka Anda harus menyediakan kandang yang kering serta bebas dari air. Kandang tersebut perlu dijaga kondisinya supaya senantiasa dalam keadaan yang bersih. Anda juga perlu memasang lampu UV A dan UV B untuk menjaga suhu udara di dalam kandang. Kalau tertarik, Anda bisa kok memesan kandang khusus untuk russian tortoise berupa torto table di dengan harga yang terjangkau.

MAKANAN

Pada dasarnya, russian tortoise termasuk kura-kura yang berjenis herbivora. Artinya kura-kura ini hanya mau mengonsumsi tumbuh-tumbuhan. Tidak sulit kok untuk mendapatkan tumbuhan yang disukai oleh russian tortoise. Anda bisa menggunakan sayuran yang banyak dijual di pasar seperti caisin, pakcoy, labu siam, sawi, wortel, dan buah pepaya. Kura-kura ini juga suka dengan daun dan bunga kembang sepatu, daun dan buah murbei, serta kaktus centong. Sebisa mungkin hindari memberikannya kangkung atau semangka karena dapat menyebabkan timbulnya penyakit diare pada kura-kura tersebut.

PERAWATAN

Perawatan harian untuk russian tortoise dimulai dari membersihkan kandang sampai tuntas. Kemudian mandikan si kura-kura. Jangan lupa untuk menggosok tubuhnya memakai sikat gigi. Setelah itu, jemurlah kura-kura tersebut di bawah sinar matahari pagi selama 15-30 menit. Jangan lupa untuk menjemur pula kandang si kura-kura supaya bebas dari kuman dan bakteri. Sembari menunggu, Anda bisa menyiapkan makanan dengan memotong-motong sayuran menjadi berukuran kecil. Berikan makanan secukupnya. Biasanya kami akan memberi makan 3 kali sehari ke kura-kura ini berupaya sayur-mayur yang segar.

Baca Juga : https://www.botanicayoruba7.com/matoa-buah-manis-dengan-banyak-manfaat/

Explore More

Biawak: Mengenal Ciri, Habitat, dan Perilaku Reptil dari Zona Peralihan

biawak
Mei 11, 2023 0 Comments 1 tag

Contents1 Habitat Biawak2 Makanan Biawak3 Ciri-Ciri Biawak4 Perilaku Biawak4.1 1. Sering berjemur4.2 2. Termasuk hewan soliter dan diurnal5 Cara Berkembang Biak Biawak6 Klasifikasi Taksonomi7 Jenis Biawak yang Dilindungi di Indonesia8

Cara Merawat Reptil yang Mudah dan Tepat

makanan reptile
Juni 17, 2023 0 Comments 1 tag

Reptil adalah hewan vertebrata berdarah dingin  yang memiliki sisik di sekujur tubuhnya. Namun, ada beberapa jenis reptil yang aman dipelihara seperti kura-kura, penyu, iguana, dan gecko. Masing-masing jenis memiliki karakter

Haruskah Anda Memelihara Kadal Berlidah Biru sebagai Hewan Peliharaan?

kadal berlidah biru
Mei 18, 2023 0 Comments 1 tag

Contents1 Bisakah Anda Memiliki Pet Blue-Tongued Skink?1.1 Legalitas2 Perilaku dan Temperamen Skink Berlidah Biru3 Perumahan3.1 Kebutuhan Substrat Khusus3.2 Kelembaban Khusus dan Kebutuhan Pemanasan4 Apa yang Dimakan & Diminum Kadal Berlidah