Kadal memiliki ribuan spesies yang populasi hampir tersebar di berbagai wilayah di dunia. Salah satu spesies kadal yang dikenal akan penampilannya yang menarik adalah american anole. Hal ini dikarenakan mereka mempunyai dewlap berbentuk kipas pada bagian bawah tenggorokannya yang dapat dikembangkan. Selain itu, dewlap tersebut berwarna merah muda cerah sehingga terlihat menawan.

Memiliki sifat tempramental karena sering terlihat berkelahi dengan sesamanya di alam liar. Inilah beberapa fakta menarik seputar american anole dilansir dari laman Animalia.bio dan Animaldiversity, sebagai berikut.

1. Habitat asli american anole

American anole merupakan hewan endemik yang berasal dari Amerika. Namun, sebagian besar populasi mereka banyak terdapat di wilayah Amerika bagian tenggara yang memiliki iklim subtropis seperti Carolina, Georgia, Florida, Texas dan Alabama. Dilansir laman Animalia.bio, spesies kadal ini mendiami berbagai macam daerah mulai dari hutan, taman, rawa-rawa, ladang dan semak-semak.

Mereka sangat suka hidup di area yang dipenuhi oleh tumbuh-tumbuhan berwarna hijau serta sinar matahari yang melimpah. Bahkan, american anole juga dapat ditemukan di pepohonan yang berada di pinggir jalan.

2. Kebiasaan hidup di alam liar

American anole termasuk hewan aboreal yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk berada di atas pohon walaupun terkadang mereka turun ke tanah. Di habitat aslinya, spesies kadal ini lebih memilih untuk hidup menyendiri ketimbang membuat kelompok.

Sang jantan memiliki sifat teritorial yang akan mempertahankan daerah kekuasaannya dari pejantan lainnya. Jika terjadi konflik maka keduanya akan bertarung dengan cara saling mengigit serta mencakar hingga menimbulkan cedera yang serius.

3. Ciri khas fisik

American anole termasuk spesies kadal berukuran kecil. Mereka hanya memiliki panjang badan antara 4 hingga 8 sentimeter dengan bobot maksimal 8 gram. Dilansir Animaldiversity, tubuh american anole berwarna hijau walaupun ada sebagian kecil dari populasi mereka yang berwarna coklat dan abu-abu.

Akan tetapi, american anole hijau dapat berubah warna yang dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti lingkungan, suhu hingga tingkat stres. Untuk membedakan jenis kelamin, american anole betina memiliki garis pada bagian punggung mereka.

4. Sistem reproduksi

Musim kawin american anole berlangsung mulai dari bulan April hingga September. Saat berkembangbiak american anole suka bergonta ganti pasangan atau lebih dikenal dengan sebutan hewan poligini.

Sang betina dapat mengeluarkan hingga 10 telur yang akan diinkubasi selama 5-7 minggu dengan panas dari matahari. Bayi yang baru lahir harus hidup mandiri tanpa kedua orang tuanya. Mereka mencapai tingkat kematangan seksual pada usia 8 bulan untuk dapat bereproduksi.

5. Populasi yang masih terjaga

Hingga saat ini belum ada data resmi yang merilis jumlah pasti populasi american anole di alam liar. Namun, Badan Konservasi Alam Dunia (IUCN) belum memasukkan spesies kadal ini ke dalam daftar hewan yang dilindungi.

Hal ini menandakan bahwa populasi american anole saat ini masih stabil dikarenakan hewan ini memiliki sistem reproduksi yang terbilang cepat. American anole dapat bertahan hidup hingga usia maksimal delapan tahun.

Nah, itulah beberapa fakta menarik seputar american anole yang memiliki bentuk fisik unik. Dengan populasinya yang masih terjaga membuat mereka sangat mudah dijumpai di habitat aslinya.

Baca Juga : https://www.botanicayoruba7.com/ahli-botani-universitas-samudra-temukan-spesies-baru-tanaman-berbunga-di-sumatera/

Explore More

Bali Reptile Park, Destinasi Wisata Edukasi Favorit di Gianyar

bali reptile park
Mei 13, 2023 0 Comments 1 tag

Contents1 Daya Tarik Wisata Bali Reptile Park1.1 1. Nuansa Hutan Bali1.2 2. Koleksi Ratusan Reptil1.3 3. Tempat Nyaman1.4 4. Wheelchair Friendly Access2 Alamat dan Cara Menuju Lokasi3 Harga Tiket Masuk

Ciri-Ciri Dan Klasifikasi Hewan Melata

karakteristik hewan reptile
Mei 23, 2023 0 Comments 1 tag

Hai teman-teman! Kali ini saya akan membahas tentang salah satu kelas dalam subphylum Vertebrata. Anggota kelas ini adalah reptilia yang merangkak atau merangkak dan memiliki sisik di tubuhnya. Saya akan membahas hewan reptil

Jenis-Jenis Ular yang Sering Muncul di Pemukiman

ular
Mei 29, 2023 0 Comments 1 tag

Bagi sebagian kalangan masyarakat, ular adalah binatang yang menakutkan sehingga seringkali harus dimusnahkan ketika menemukannya. Sebagian jenis ular memang perlu diwaspadai karena berbisa, namun tidak sedikit juga yang sebenarnya ular