Fungsi akar – Grameds, kamu pasti sudah tahu kan bahwa akar adalah salah satu bagian dari tumbuhan yang sangat penting dan memiliki banyak fungsi dan strukturnya. Akar tumbuhan sendiri dibentuk dari beberapa jaringan yang berbeda.

Pada umumnya, akar berkembang di bawah  permukaan tanah, namun ada juga beberapa tumbuhan yang akarnya berada di atas permukaan tanah. Akar juga terdiri dari dua jenis akar yaitu akar tunggang dan akar serabut.

Namun, apakah pernah terpikirkan apa fungsi dari akar? Sebelum kita mengetahui lebih lanjut mengenai fungsi akar, simak penjelasan berikut mengenai pengertian jenis, sifat dan bagian akar.

Pengertian Akar

Akar adalah bagian pokok selain batang dan daun yang ada pada tumbuhan yang tumbuh menuju dalam tanah. Akar memiliki dua jaringan utama yaitu bagian terluar dan bagian terdalam. Lapisan yang pertama biasa disebut dengan epidermis, bagian ini nantinya akan menjadi deretan sel rapat dan berfungsi sebagai susunan pelindung.

Sedangkan bagian terdalam bisa kenal dengan nama korteks. Pada jaringan ini, biasanya terdiri dari beberapa susunan yang lebih tebal bila dibandingkan dengan epidermis.

Biasanya, akar tidak berwarna hijau, tetapi tergantung pada jenis dan juga ukurannya. Umumnya, akar berwarna kecoklatan hingga keputih-putihan dan jika diklasifikasikan kembali akar memiliki sifat dan juga karakteristik yang berbeda.

Fungsi Akar Tanaman

Akar memiliki fungsi yang penting untuk membantu pertumbuhan kehidupan tumbuhan seperti :

  • Menyerap Air dan Nutrisi Dalam Tanah

Fungsi utama dari akar adalah menyerap nutrisi baik organik maupun anorganik yang dibutuhkan oleh tanaman. Nutrisi ini akan terserap ke bagian lainnya. Tanaman sangat membutuhkan air pada umumnya sekitar 80%. Akar sendiri bisa dibilang sebagai salah satu organ pada tumbuhan yang dapat menyerap dan menyimpan air yang akan digunakan untuk pertumbuhan pada suatu tanaman atau pohon.

  • Perantara dan Penopang Tanaman

Fungsi akar lainnya adalah sebagai penopang tanaman, dengan adanya akar maka tanaman dapat berdiri tegak diatas permukaan tanah. Akar akan tumbuh memanjang sehingga bisa menopang tanaman saat ukuran tanaman menjadi semakin besar sehingga akan semakin kuat. Sehingga tumbuhan tidak akan mudah rusak atau bahkan tumbang ketika ada angin yang cukup kencang sekalipun.

  • Menyimpan Makanan dan Nutrisi

Selain menyerap nutrisi dan air dari dalam tanah, akar juga berfungsi untuk mengangkut unsur hara serta dapat menyimpannya dalam bentuk cadangan makanan sebelum akhirnya disalurkan ke bagian tanaman lain. Contoh tanaman yang menyimpan makanan pada akar adalah umbi-umbian seperti singkong, kentang, talas, dan lain-lain.

  • Reproduksi Vegetatif

Beberapa jenis tumbuhan bereproduksi dengan bantuan akar, seperti tumbuhan paku. Tanaman jenis ini akan memperbanyak dirinya dengan cara melakukan duplikasi, kemudian akan mulai berkembang biak.

  • Proses Fotosintesis

Ternyata, fotosintesis pada tumbuhan tidak hanya dilakukan pada daun, Akar juga berfungsi untuk membantu proses fotosintesis pada tumbuhan karena akar juga memiliki klorofil meskipun jumlahnya tidak sebanyak klorofil yang ada pada daun. Karena itu makanya akar juga bisa melakukan proses fotosintesis.

  • Alat Respirasi

Pada beberapa tanaman seperti pohon beringin dan tembakau, akar juga berfungsi sebagai alat respirasi atau pernapasan. Akar tumbuhan ini umumnya memiliki fungsi sebagai alat respirasi atau lebih dikenal dengan istilah pneumatophores. Dalam hal ini, struktur sel dan jaringan pada akar memungkinkan untuk terjadinya difusi udara.Tumbuhan bakau juga menjadikan akar nya sebagai alat respirasi.

  • Gerak Tanaman

Selanjutnya akar juga berfungsi sebagai gerak tanaman karena membantu mendapatkan sumber air, unsur hara dan sinar matahari agar tumbuh dan berkembang biak dengan sebaik mungkin

Pada umumnya, gerak tanaman ini sudah mempunyai mekanismenya masing-masing. Misalnya, gerak tigmotropisme, gerak hidrotropisme, gerak geotropisme, dan gerak fototropisme.

  • Mencegah Banjir dan Longsor

Tidak hanya berfungsi untuk tumbuhan nya sendiri, akar juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan lingkungan loh. Akar pada pohon yang besar akan mampu menyerap air yang cukup banyak. Sehingga akar dapat mencegah banjir dan membantu penyerapan air banjir lebih cepat dibandingkan dengan lingkungan yang tidak terdapat banyak pohon, Akar yang kuat dan besar akan membantu juga untuk mencegah terjadinya longsor.

Jenis-Jenis Akar

Tidak hanya akar tunggang dan akar serabut, tetapi masih ada beberapa jenis akar lainnya yang wajib kamu ketahui.

  • Akar Serabut

Jenis akar yang pertama adalah akar serabut, akar ini memiliki bentuk seperti serabut. Biasanya ukuran pangkal dan ujung akar hampir sama besarnya. Pada bagian akar serabut biasanya hanya terdapat rambut akar dan serabut akar dan semua bagian akar serabut itu berasal dari pangkal batang.

 

 

Selain itu, jenis akar ini biasanya dimiliki oleh tumbuhan monokotil, tetapi bisa juga ditemukan di tanaman dikotil yang dikembangkan melalui cangkok atau stek.

Akar ini memiliki fungsi utamanya yaitu untuk memperkokoh berdirinya tumbuhan.

Contoh tumbuhan yang memiliki akar serabut adalah pohon kelapa, padi, pohon pepaya, jagung, bawang, pohon pisang, tebu, salam tanaman bambu, rumput teki dan lain-lain.

  • Akar Tunggang

Jenis akar tunggang memiliki akar pokok atau akar besar. Akar ini memiliki cabang-cabang yang kecil namun tidak hanya memiliki akar pokok dan cabang akar, akar ini juga memiliki bagian lainnya seperti bagian rambut akar dan tudung akar. Perbedaaan antara ukuran akar pokok dan cabang akar akan terlihat jelas.

Jenis akar ini pada umumnya dimiliki oleh tumbuhan dikotil dan memiliki fungsi utama untuk menyimpan cadangan makanan.

Akar tunggang ini juga terbagi lagi menjadi dua jenis, yaitu akar tunggang sedikit atau tidak bercabang yang biasanya memiliki bentuk seperti tombak, gasing dan benang. Selain itu ada akar tunggang bercabang yang akan sering dijumpai yaitu seperti pohon beringin, pohon kapas, jambu biji, tanaman kangkung dan lain-lain.

Pada umumnya, contoh tumbuhan yang memiliki akar tunggang adalah kacang hijau, wortel, kacang tanah, putri malu, asam jawa, pohon durian, mangga, jeruk, pohon mahoni, belimbing, dan berbagai umbi-umbian dan lain-lain.

  • Akar Tunjang

Akar ini adalah akar yang bertumbuh dan berkembang di atas permukaan tanah. Akar ini akan keluar dari batang pohon dan dahan paling bawah. Contoh tumbuhan yang memiliki jenis akar ini adalah tanaman bakau dan juga mangrove.

Tumbuhan mangrove biasanya memiliki jenis akar yang banyak seperti akar tunjang, akar napas, akar lutut, akar papan, akar banir dan akar biasa.

  • Akar Gantung

Akar gantung adalah akar yang berasal dari batang tanaman yang tumbuh dan berkembang ke bawah, sehingga akan menggantung di udara. Akar gantung ini akan tumbuh panjang ke tanah untuk mencari sumber air dan juga zat hara.

Fungsi akar gantung ini yaitu untuk menyerap uap air dan gas dari udara. Namun ketika akar gantung tumbuh panjang ke bawah dan masuk ke dalam tanah maka fungsinya juga akan berubah yaitu untuk menyerap air dan juga garam mineral dari bawah tanah.

Contoh tumbuhan yang memiliki jenis akar ini adalah seperti pohon beringin, anggrek kalajengking dan curtain ivy.

  • Akar Pelekat

Akar pelekat adalah akar yang tumbuh di sepanjang batang tumbuhan dan memiliki fungsi untuk menempel pada tembok atau tumbuhan lain. Akar ini terdapat pada tanaman yang tumbuh memanjat atau merambat.

Contoh dari tumbuhan yang memiliki akar ini adalah sirih dan lada.

  • Akar Napas

Akar napas adalah akar yang biasanya tumbuh tegak lurus keatas dan berbentuk seperti pensil atau kerucut. Akar ini terbentuk dari perluasan akar yang tumbuh secara horizontal. Bentuk dari akar ini memiliki banyak celah untuk jalan masuk udara yang berfungsi membantu pernapasan tumbuhan.

Untuk contoh dari akar napas ini adalah pohon api-api yang bisa dibilang habitatnya di sekitar pesisir pantai dan juga termasuk ke dalam kelompok mangrove atau bakau.

  • Akar Semu

Akar semu adalah suatu bagian (organ atau jaringan) yang ada pada tanaman tetapi secara fungsi akar gantung pada tumbuhan beringin adalah anatomi tidak dianggap sebagai akar meskipun memiliki peran seperti akar. Jenis akar ini bisa melekat ke berbagai objek tertentu dengan menggunakan alat dan memiliki fungsi untuk melekat, menjangkar dan menyerap garam mineral.

Sifat-Sifat Akar

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa akar terdiri dari beberapa jenis akar yang berbeda. Masing-masing akar ini akan memiliki sifat dan karakteristik yang berbeda juga. Berikut adalah sifat dan karakteristik akar.

  1. Akar biasanya mengalami pergerakan dari bawah tanah untuk mencari air atau  sumber makanan. Bahkan, akar bisa mendekat ke arah sumber air dan juga menjauhi cahaya matahari.
  2. Akar mempunyai rambut-rambut yang sifatnya adalah uniseluler.
  3. Akar tumbuhan tidak memiliki tunas, internodus, dan nodus.
  4. Pada bagian ujung akar bisa mengalami pertumbuhan dengan baik.
  5. Akar tumbuhan bisa hidup di tembok (vertikal) atau secara mendatar (vertikal)
  6. Akar yang dapat tumbuh dengan baik, apabila mendapatkan lingkungan dan media tanam yang pas.
  7. Tidak mempunyai daun atau sisik.

Struktur Bagian Akar

Akar tentu memiliki struktur bagiannya di mana masing-masing akan memiliki manfaatnya masing-masing. Struktur dari akar sendir dibagi menjadi dua yaitu struktur akar dalam (anatomi) dan struktur akar luar (morfologi). Berikut adalah penjelasan mengenai struktur bagian akar.

  • Struktur akar dalam

  • Epidermis akar

bagian akar ini terdiri atas selapis sel yang tersusun rapat dengan dinding sel yang mudah dilewati oleh air. Oleh karena itu bagian ini juga sering disebut dengan epiblem atau lapisan pilifer. Rambut akar yang terbentuk dari beberapa bagian sel epidermis akan melakukan pemanjangan ke arah lateral dari dinding luarnya.

Epidermis sangat mudah ditembus air karena memiliki sifat semipermeabel. Selain itu, epidermis juga memiliki fungsi untuk melindungi jaringan di bawahnya.

  • Korteks

Struktur akar ini berada dibawah lapisan epidermis yang sebagian besar dibangun oleh jaringan parenkim, kolenkim dan sklerenkim. Korteks ini memiliki fungsi sebutkan fungsi akar pada tumbuhan sebagai tempat untuk menyimpan makanan.

Sel korteks sendiri tersusun dari renggang, sehingga akan ada banyak ruang antar sel yang melakukan pertukaran gas. Dinding sel yang berdiferensiasi menjadi eksodermis dari penebalan oleh zat suberin berada pada lapisan luar korteks. Sedangkan lapisan dalamnya berdiferensiasi menjadi endodermis.

  • Endodermis

Struktur akar ini adalah lapisan pemisah korteks dengan silinder pusat. Pada bagian ini sel yang tersusun akan mengalami penembalan sar zat gabus dan lignin sehingga akan membentuk pita caspary. Penebalan dinding sel yang terjadi pada pita caspary akan membentuk huruf U. 

Penebalan bagus yang dilakukan pada pada endodermis tidak bisa dilewati oleh air. Dengan begitu, air hanya bisa masuk melalui silinder pusat yang kemudian dindingnya tidak terjadi penebalan.

  • Silinder pusat atau Stele

Adalah bagian terdalam dari akar, Bagian ini adalah lapisan yang terletak di tengah akar. Di dalam stele fungsi akar pada tumbuhan adalah terdapat pembuluh kayu atau xilem dan pembuluh tapis atau floem.Xilem dan floem berperan besar dalam pengangkutan air dan mineral. Xilem mengangkut air dari dalam tanah ke daun, sedangkan floem mengangkut hasil dari proses fotosintesis ke seluruh bagian tanaman.

Stele terdiri dari beberapa jenis jaringan, yaitu:

  • Perisikel atau Perikambium, yaitu lapisan paling luar dari stele. Lalu akar cabang ini terbentuk dari pertumbuhan persikel yang menuju ke arah luar.
  • Vasis, merupakan berkas pembuluh angkut yang terdiri dari xilem dan floem. Keduanya tersusun secara berselang-seling. Khusus untuk tanaman dikotil, antara xilem dan floem terdapat jaringan kambium.
  • Empulur merupakan jaringan pada akar yang terletak di bagian paling dalam pada stele.
  • Struktur Luar Akar

  • Leher akar

Bagian ini disebut juga sebagai pangkal atau collum. Bagian ini merupakan bagian yang tersambung dengan pangkal batang

  • Batang akar

Batang akar disebut juga corpus radicis. bagian ini adalah bagian yang terletak antara leher akar dan ujung akar

  • Cabang akar

Percabangan akar disebut sebagai radix lateralis. bagian ini adalah bagian yang secara langsung bersambungan dengan pangkal batang namun keluar dari akar pokok.

  • Serabut akar

Nama lain serabut akar adalah fibrilla radicalis. Bagian ini memiliki bentuk serabut dari cabang-cabang akar yang halus.

  • Rambut atau bulu akar

Bulu akar disebut juga rambut akar atau pilus radicalis. bagian ini merupakan bagian dari lapisan epidermis akar perluasan permukaan yang berfungsi untuk mengoptimalkan penyerapan air dan mineral hara.

  • Tudung akar (kaliptra)

Tudung akar juga dinamakan calyptras.  Merupakan struktur akar yang dapat dikatakan sangat kuat, hal ini karena mampu untuk menerobos beberapa lapisan tanah yang keras. Letaknya berada paling ujung akar menembus tanah yang berfungsi untuk melindungi akar dari kerusakan mekanis. Sel kaliptra yang mengandung bulir-bulir amilum yang disebut dengan kolumela. Kaliptra dapat ditemukan pada akar tumbuhan dikotil atau monokotil.

Arah Pertumbuhan Akar

Menurut arah tumbuhnya akar dibagi menjadi 2 jenis yaitu akar geotropi dan akar hidrotropi. Berikut adalah penjelasan dari 2 jenis akar tersebut.

  • Geotropi

Tumbuhan yang memiliki akar geotropi memiliki sistem perakaran yang tumbuh dan masuk ke arah pusat bumi atau ke dalam tanah. Kebanyakan tanaman yang tumbuh di tanah dan diatas permukaan laut merupakan jenis geotropi.

  • Hidrotropi

Tumbuhan yang memiliki akar hidrotrop memiliki akar yang tumbuh ke arah air dan menjauhi udara dan cahaya. Contoh tanaman yang memiliki akar ini adalah berbagai macam tanaman air.

Nah, grameds itu dia adalah penjelasan mengenai fungsi akar dan penjelasan lainnya mengenai akar. Sudah bisa kita tahu bahwa akar adalah bagian terpenting yang dimiliki oleh tumbuhan.

Jika grameds ingin membaca mengenai buku tentang tanaman atau akar  atau buku lainnya maka grameds bisa membaca dan membeli bukunya Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Baca Juga : https://www.botanicayoruba7.com/manfaat-tumbuhan-bagi-manusia/

Explore More

Daftar 5 Tanaman Liar yang Sangat Berbahaya di Dunia

Tanaman Wolfsbane
Desember 29, 2023 0 Comments 1 tag

Beberapa tanaman liar dapat sangat berbahaya karena mereka mengandung senyawa kimia beracun atau memiliki sifat yang dapat menyebabkan efek beracun jika dikonsumsi atau bersentuhan dengan tubuh manusia. Berikut adalah daftar

TEMBAKAU SEBAGAI TANAMAN HERBAL

tembakau sebagai tanaman herbal
Juni 18, 2023 0 Comments 1 tag

Tembakau sebagai bahan rokok sangat dikenal oleh rakyat Indonesia baik dari kalangan remaja maupun dewasa. Seluruh bagian tembakau, kecuali bijinya, mengandung nikotin dengan kadar berbeda-beda. Tembakau adalah tanaman yang identik

Cara Merawat Dan Menjaga Tanaman Bonsai Hias

tanaman bonsai
Februari 19, 2024 0 Comments 1 tag

Merawat dan menjaga tanaman bonsai hias membutuhkan perhatian khusus dan perawatan rutin agar tetap sehat dan indah. Berikut adalah beberapa langkah penting dalam merawat dan menjaga tanaman bonsai: Pemilihan Bonsai