Gunung tertinggi di Benua Afrika adalah gunung Kilimanjaro. Letak gunung ini berada di timur laut Tanzania yang tingginya mencapai 5.895 meter mdpl. Gunung ini disebut juga dengan julukan “Ol Doinyo Oibor” yang artinya “Gunung Putih”. Kilimanjaro adalah gunung api stratovolcano yang tidak lagi aktif. Meskipun demikian, gunung ini memiliki fumarole atau lubang pada kerak bumi yang mampu menembakkan gas di kawah puncak utama Kibo. Gunung ini sangat fenomenal di kalangan para pendaki internasional karena memberikan tantangan tersendiri untuk didaki. Bagi kamu yang ingin mengetahui informasi lengkap mengenai Gunung Kilimanjaro, simak pemaparannya di artikel ini.

Fakta tentang Gunung Kilimanjaro

Berikut adalah beberapa fakta unik Gunung Kilimanjaro yang perlu diketahui:

1. Puncak Tertinggi bernama Puncak Uhuru

Mengutip buku Lets Go Around The World oleh Prameswarie (2013), Gunung Kilimanjaro mempunyai titik tertinggi yang bernama Puncak Uhuru. Puncak ini berada di ketinggian 5.895 mdpl dan menjadi salah satu dari tujuh puncak tertinggi dunia.
Arti nama Uhuru adalah ‘kebebasan’. Gunung tertinggi di Benua Afrika tersebut inamakan demikian karena pada tahun 1961, rakyat Tanzania berhasil meraih kemerdekaan dari Inggris Raya.
Ilustrasi Gunung tertinggi di Benua Afrika adalah gunung Kilimanjaro, sumber foto: (Crispin) by unsplash.com

2. Johannes Kinyala Lauwo adalah Pendaki Pertama di Puncak Uhuru

Johannes Kinyala Lauwo adalah pendaki asal Afrika yang pertama kali menginjakkan kaki di Puncak Uhuru. Ia telah berhasil mendaki puncak tersebut sebanyak 9 kali. Adapun orang asing yang pertama kali sampai di Puncak Uhuru adalah Hans Meyer asal Jerman dan Ludwig Purtscheller asal Austria. Kedua pendaki ini dipandu oleh Lauwo pada 6 Oktober 1889.

3. Berdiri Sendiri

Gunung Kilimanjaro adalah gunung yang berdiri sendiri. Dengan kata lain, tidak ada gunung lain di sekitarnya seperti halnya Gunung Everest. Hal ini menjadikan Gunung Kilimanjaro menjadi gunung tertinggi yang berdiri sendiri di dunia.

4. Dekat dengan Katulistiwa

Fakta menarik tentang Gunung Kilimanjaro yang selanjutnya adalah berada di dekat katulistiwa. Oleh karena itu, tidak heran jika gunung ini sering dilapisi oleh salju. Adapun salju yang terbentuk di Gunung Kilimanjaro berasal dari zaman es. Namun, saat ini salju di Gunung Kilimanjaro terancam menghilang akibat eksploitasi hutan.
Setelah menyimak penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa Gunung Kilimanjaro memiliki banyak fakta unik yang membuatnya berbeda dengan gunung tertinggi lain di dunia. (DLA)

Gunung Kilimanjaro adalah gunung yang terdapat di timur laut Tanzania, ketinggiannya mencapai 5.895 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung ini juga dikenal dengan sebutan ‘Ol Doinyo Oibor’ yang memiliki arti ‘Gunung Putih’.

Kilimanjaro sendiri merupakan gunung api stratovolcano ‘mengerucut’ yang sudah tidak aktif, namun gunung ini masih memiliki fumarol ‘lubang pada kerak bumi’ yang masih mengeluarkan gas di kawah puncak utama Kibo. Mengutip dari beberapa sumber, berikut fakta selengkapnya:

6 Fakta Gunung Kilimanjaro
1. Puncak Uhuru merupakan satu dari tujuh puncak tertinggi di dunia.

Gunung Kilimanjaro memiliki titik tertinggi yang diberi nama Puncak Uhuru, tempat ini berada di titik tertinggi Kilimanjaro yang tingginya 5.895 mdpl dan merupakan satu dari tujuh puncak tertinggi di dunia.

Diketahui, Nama Uhuru sendiri memiliki arti ‘kebebasan’ nama ini diberikan untuk memperingati kemerdekaan Tanzania dari Inggris Raya pada tahun 1961.

2. Johannes Kinyala Lauwo adalah orang pertama yang berhasil tercatat menginjakan kaki di Puncak Uhuru.

Pria ini berasal dari korps pengintai angkatan darat Marangu, Tanzania, ia adalah orang lokal pertama yang berhasil mencapai Puncak Uhuru dan berhasil mendakinya berulang-ulang hingga 9 kali.

Kemudian orang asing yang berhasil mencapai Puncak Uhuru adalah Hans Meyer, pendaki asal Jerman dan Ludwig Purtscheller pendaki dari Austria. Mereka berdua dipandu Johannes Lauwo sampai ke Puncak Uhuru pada 6 Oktober 1889.
3. Terdapat tiga jalur yang mudah dilalui pendaki Pendakian ke Puncak Uhuru terbilang tidak memiliki kesulitan, tetapi pendaki memerlukan waktu yang cukup untuk melakukan aklimatisasi agar tidak terkena penyakit ketinggian.
Tiga rute termudah untuk mencapai Uhuru adalah Marangu, Rongai, dan Machame, trek ini bahkan bisa didaki siapa saja yang berbadan sehat tanpa perlu pengalaman mendaki gunung. Akan tetapi, pendaki tetap dianjurkan membawa obat-obatan untuk mencegah penyakit. Waktu tempuh pendaki yang mengambil rute Marangu biasanya perlu 4-5 hari untuk sampai di Puncak Uhuru.
4. Angklung pernah dimainkan di Puncak Uhuru Tim pendaki mahasiswi Bandung menancapkan bendera Merah Putih dan memainkan angklung saat berhasil sampai di Puncak Uhuru, Gunung Kilimanjaro, Tanzania, Minggu, 24 Mei 2015.

Tim Women of Indonesia’s Seven Summits Expedition Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Parahyangan (Mahitala Unpar) Bandung itu tiba di puncak pada pukul 07.30 waktu setempat. Namun, ketiga pendaki itu, yang diketuai Fransiska Dmitri Inkiriwang, 21 tahun, Mathilda Dwi Lestari (21), dan Dian Indah Carolina (19), hanya bertahan sekitar 30 menit berada di salah satu dari tujuh puncak tertinggi di dunia tersebut.
5. Memiliki tujuh rute pendakian resmi

Sebagaimana kebanyakan gunung di dunia, Kilimanjaro memiliki tujuh jalur pendakian resmi, diantaranya: Machame, Marangu, Rongai, Lemosho, Umbwe, Shira dan Mweka (hanya untuk turun). Pada Januari 2006 lalu, pemerintah Tanzania menutup rute pendakian Western akibat longsor batu yang menyebabkan 4 orang pendaki tewas ketika mereka sedang berkemah di Arrow Glacier. Longsor diperkirakan terjadi akibat pecahan bebatuan di daerah tersebut yang tidak lagi membeku secara permanen.

6. Gunung ini sebelumnya dilapisi salju yang tebal Menurut laporan SVS NASA, Gletser yang menyelimuti puncak gunung ini sejak 11.700 tahun yang lalu semakin menipis. Dibandingkan dengan abad lalu, volume es di puncak Kilimanjaro sudah berkurang lebih dari 80%.

Explore More

Gunung Kerinci di Pulau Sumatera: Tinggi, Jalur Pendakian, dan Waktu Tempuh

gunung kerinci
Agustus 19, 2023 0 Comments 2 tags

Contents1 Jalur Pendakian Gunung Kerinci1.1 1. Tahap Desa Kersik Tuo – Pintu Rimba1.2 2. Tahap Pintu Rimba – Bangku Panjang1.3 3. Tahap Bangku Panjang – Batu Lumut1.4 4. Tahap Batu

8 Keajaiban Alam Indonesia yang Sangat Indah

raja ampat
Februari 3, 2024 0 Comments 1 tag

Contents1 Kawah Ijen2 Gunung Bromo3 Rafflesia Arnoldii4 Green Canyon5 Raja Ampat, Papua6 Pulau Komodo7 Taman Nasional Tanjung Puting8 Danau Kelimutu Keajaiban alam Indonesia tersebar di semua pelosok negeri, dari Sabang

Makalu : Mendaki, Mendaki & Mendaki Gunung

makalu
Juli 7, 2023 0 Comments 1 tag

Contents1 Hampir disana2 Pita Merah3 Kapan Mendaki4 Taman Nasional dan Kawasan Konservasi Makalu-Barun Makalu, puncak tertinggi kelima di dunia dengan ketinggian 27.765 kaki (8.463 meter). Masif yang indah dan mengesankan ini