“Memiliki hewan peliharan diketahui punya banyak nilai positif. Selain sebagai teman di rumah, hewan peliharaan juga ternyata membantu mengurangi stres. Namun, tak sekadar hewan biasa, ada juga pilihan hewan eksotis untuk peliharaan di rumahmu.”

Hewan peliharaan punya banyak ukuran, hal ini juga berlaku untuk hewan eksotis. Hewan peliharaan berukuran kecil terlihat menarik karena banyak alasan. Pertama, karena mereka lebih cocok dan merasa nyaman di lingkungan yang lebih kecil. Lalu, ukuran pun membuat hewan kecil lebih mudah perawatannya, termasuk memberikan pakan berkualitas terbaik untuk menunjang kebutuhan nutrisinya.

Hewan peliharaan eksotis didefinisikan slot online dengan cara yang berbeda, tetapi definisi yang paling inklusif adalah semua hewan yang bukan anjing, kucing, atau hewan ternak tradisional. Ini berarti bahwa hewan peliharaan yang eksotis dapat berupa ikan, ular, burung, atau beruang coklat.

Pilihan Hewan Eksotis untuk Peliharaan di Rumah

Hewan yang sangat umum yang dianggap eksotis oleh dokter hewan termasuk kelinci, marmut, hamster, musang, dan hewan yang sedikit lebih unik, seperti sugar glider dan landak. Namun, hanya sedikit orang yang menyadari bahwa ada jenis hewan eksotis untuk peliharaan di rumah yang diizinkan, yaitu:

  • Rubah Fennec

Hewan peliharaan eksotis tidak akan liar jika dibesarkan oleh manusia. Hewan yang dilatih biasanya tidak akan berperilaku seperti yang hidup dalam kondisi alami. Karnivora muda, seperti rubah perlu belajar berburu sendiri sekaligus menghindari predator. Rubah sendiri adalah hewan yang populer dan banyak ditemukan di alam liar.

Rubah gurun, yang lebih dikenal dengan rubah fennec punya bau yang tidak terlalu menyengat jika dibandingkan dengan rubah merah ikonik yang berasal dari Amerika Utara. Hewan eksotis satu ini juga bisa dengan mudah berada di dalam ruangan dengan kandang yang luas.

  • Ikan Koi

Berasal dari wilayah Asia, ikan koi merupakan ikan hias yang sangat populer di China dan Jepang. Ikan omnivora ini populer karena memiliki umur yang panjang, biasanya bisa hidup hingga 20 tahun. Ukurannya antara 60 hingga 90 sentimeter dengan berat mencapai 9 kilogram.

Ikan koi juga memiliki tulang belakang tertutup dengan sisik yang panjang dan tipis. Ikan jantan memiliki sirip pada bagian perut yang jauh lebih panjang dibandingkan dengan ikan betina. Menariknya, hewan unik ini dianggap sebagai simbol cinta dan kejantanan di Asia Tenggara. Warnanya sangat khas, yaitu paduan antara merah, hitam, putih, dan kuning pada tubuh mereka.

Sementara itu, cara merawat ikan ini bisa dikatakan tidak sulit. Ikan koi harus dipelihara di kolam, kolam renang, atau taman luar ruangan. Memelihara koi dalam akuarium berukuran kecil sangat tidak direkomendasikan karena setiap jenisnya membutuhkan setidaknya banyak air untuk bisa bertahan hidup.

  • Hamster

Hewan kecil ini juga termasuk dalam keluarga pengerat. Memeliharanya tidak terlalu sulit, kamu hanya perlu rutin membersihkan kandangnya agar tidak bau. Perlu diketahui pula, hamster ternyata termasuk hewan yang aktif di malam hari atau nokturnal, lho!

Mereka akan lebih banyak menghabiskan waktu untuk beraktivitas pada malam hari, dan lebih banyak tidur pada siang harinya. Meski begitu, bukan berarti hamster tidak bermain di siang hari. Hanya saja, waktu tersebut bukan yang terbaik untuk mereka beraktivitas.

  • Marmut Guinea Pig

Hamster ini berasal dari Amerika Selatan, tempat daging hewan ini begitu populer dalam menu masakannya. Namun, di Amerika Utara dan Eropa, hewan ini sering diadopsi sebagai hewan peliharaan karena sangat mudah beradaptasi dengan kehidupan manusia. American menjadi spesies yang paling umum, dengan panjang hingga 30 sentimeter dan beratnya mencapai 1 kilogram.

Baca Juga : 6 Fakta Unik Dugong, Hewan Yang Dekat Dengan Legenda Putri Duyung

Warnanya pun cukup unik, dengan warna putih, merah, coklat, krem, dan hitam. Cobaya bisa hidup hingga 8 tahun, termasuk hewan herbivora dengan kebiasaan makan biji-bijian dan sayuran. Hewan ini membutuhkan asupan vitamin C yang bisa didapat melalui buah jeruk atau paprika.

Itu tadi beberapa pilihan hewan eksotis untuk peliharaan yang bisa kamu pertimbangkan. Hati-hati, karena hewan-hewan unik ini tentu membutuhkan perawatan yang lebih maksimal.

Explore More

Kendalikan Populasi Kuda, Istana Cipanas Gandeng IPB

kuda
Juli 15, 2023 0 Comments 1 tag

Contents1 Sejarah kuda2 Ukuran3 Kuda dalam kebudayaan Istana Kepresidenan Cipanas bekerja sama dengan Sekolah Vokasi (SV) dan Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis (SKHB) Institut Pertanian Bogor (IPB) University melaksanakan kastrasi

Hewan Paling Imut, Lucu dan Menggemaskan

Meerkat
Februari 15, 2024 0 Comments 2 tags

Contents1 Kukang2 Meerkat3 Koala4 Panda5 Berang-berang Laut ANJING, kucing, kelinci https://www.familystorageofrogers.com/ dan hewan peliharaan lain yang lazim kita temui, merupakan hewan yang terkenal lucu dan dekat dengan manusia. Namun di

Mengenal Burung Walet: Taksonomi serta Jenis dan Manfaat Sarangnya

burung walet
Agustus 2, 2023 0 Comments 2 tags

Contents1 Mengenal Burung Walet2 Taksonomi3 Jenis Sarangnya3.1 Sarang Burung Walet Gua (Liar)3.2 Sarang Burung Walet Rumahan (Diternakkan)4 Manfaat Sarangnya Burung walet dikenal sebagai burung yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Hal