Iguana adalah hewan reptil yang masuk dalam famili Iguanidae. Kebanyakan iguana adalah herbivora, meski ada juga yang omnivora. Banyak jenis iguana unik berasal dari Kepulauan Galapagos, Ekuador, sayangnya juga banyak jenis yang hampir punah di sana. Oleh karena itu, saat hendak memelihara iguana, pastikan iguana tersebut legal untuk dipelihara.”

Apakah kamu pernah berpikir hendak memelihara iguana? Reptil satu ini memang sangat unik sehingga banyak orang yang memeliharanya. Namun, untuk memelihara iguana, kamu harus mengetahui jenis iguana yang cocok untuk dipelihara.

Iguana adalah jenis kadal yang dalam keluarga Iguanidae. Mereka memiliki ciri khas berupa penampilan yang tampak garang, walaupun sebagian besar dari iguana adalah herbivora dan tidak berbahaya. Di dunia ini ada sekitar 45 spesies iguana yang tersebar di berbagai negara. Dari 45 jenis iguana tersebut, beberapa di antaranya tentu memiliki keunikan yang tidak dimiliki iguana lain.

Jenis Iguana Unik

Berikut ini adalah beberapa jenis iguana yang paling unik:

Iguana Hijau

Jenis iguana yang unik pertama adalah iguana hijau atau disebut juga iguana Amerika. Ternyata mereka adalah iguana dengan ukuran paling panjang di dunia, dan bisa mencapai dua meter. Iguana jenis ini cukup populer dan tercatat menjadi salah satu jenis reptil yang paling banyak dipelihara di Amerika Serikat.

Iguana Biru

Meski iguana hijau adalah iguana terpanjang, namun mereka bukan jenis yang paling besar. Jika dibandingkan  berat badannya, iguana biru (Cyclura lewisi) adalah iguana terbesar di dunia karena mereka bisa mencapai berat 14 k. Iguana jenis ini hidup di Pulau Grand Cayman,  dan maka mereka disebut juga iguana darat Grand Cayman.

Iguana Badak

Spesies iguana ini mendapatkan namanya berkat tonjolan seperti tanduk berlapis tulang di moncongnya. Iguana Badak (Cyclura cornuta) juga merupakan iguana paling unik karena ia terlihat seperti persilangan antara iguana dan badak. Tubuhnya berat, dengan kaki yang tebal, dan kepalanya besar dengan rahang yang menonjol. Iguana badak hanya terdapat di Pulau Hispaniola di Laut Karibia. Mereka adalah omnivora atau pemakan daging dan tumbuhan, mencakup daun, buah, serangga, kepiting, serta bangkai.

Iguana Berekor Duri

Sementara itu, ada juga jenis terkecil di dunia yaitu iguana berekor duri (genus Ctenosaura) yang ukuran terkecilnya hanya mencapai 12,5 cm saja. Sesuai namanya, iguana ini memiliki ciri khas berupa ekor yang berduri dan di punggung mereka juga ada sederet duri yang seperti sisir.

Iguana Darat Galapagos

Iguana darat galapagos (Conolophus subcristatus) tercatat sebagai salah satu iguana yang juga unik karena mereka memiliki penampilan dengan warna kuning cerah. Seperti namanya, iguana ini hidup di Kepulauan Galapagos, Ekuador. Ukuran iguana ini cukup besar dengan panjang mencapai 1,5 meter dan berat 11 kg. Selain itu, mereka juga terkenal memiliki umur yang panjang, yaitu bisa mencapai 55 tahun.

Iguana Laut

Ini juga merupakan jenis yang paling unik di dunia karena ia adalah satu-satunya spesies kadal yang bisa menyelam dan mencari makan di dalam laut. Iguana laut (Amblyrhynchus cristatus) adalah iguana endemik di Kepulauan Galapagos. Mereka adalah herbivor, dan mereka makan alga yang tumbuh di dasar laut.

Baca Juga : Iguana – Jenis, Habitat, Cara Pelihara, Keunikan & Beda Dengan Bunglon

Selain itu, iguana laut jantan bisa mengubah warna kulitnya yang awalnya hitam menjadi pelangi saat memasuki musim kawin. Tujuannya adalah untuk menarik perhatian iguana betina.

Iguana Pink Galapagos

Kepulauan Galapagos juga masih memiliki iguana unik lainnya yaitu iguana berbadan pink. Ya, iguana pink galapagos (Conolophus marthae) masih berkerabat dengan iguana darat galapagos. Sayangnya, mereka kini sudah sangat terancam punah dan hanya tersisa sekitar 200 ekor saja.

Explore More

Bali Reptile Park, Destinasi Wisata Edukasi Favorit di Gianyar

bali reptile park
Mei 13, 2023 0 Comments 1 tag

Contents1 Daya Tarik Wisata Bali Reptile Park1.1 1. Nuansa Hutan Bali1.2 2. Koleksi Ratusan Reptil1.3 3. Tempat Nyaman1.4 4. Wheelchair Friendly Access2 Alamat dan Cara Menuju Lokasi3 Harga Tiket Masuk

National Geographic Kids : Reptilpedia

buku reptile
Mei 21, 2023 0 Comments 1 tag

Buku Reptilpedia karya Christina Wilsdon, menjelaskan banyak reptil yang akan memperkaya khasanah reptil yang belum kamu ketahui sebelumnya. Tahukah kamu kalau tidak semua reptil itu menyeramkan? Beberapa diantaranya juga ada

Haruskah Anda Memelihara Kadal Berlidah Biru sebagai Hewan Peliharaan?

kadal berlidah biru
Mei 18, 2023 0 Comments 1 tag

Contents1 Bisakah Anda Memiliki Pet Blue-Tongued Skink?1.1 Legalitas2 Perilaku dan Temperamen Skink Berlidah Biru3 Perumahan3.1 Kebutuhan Substrat Khusus3.2 Kelembaban Khusus dan Kebutuhan Pemanasan4 Apa yang Dimakan & Diminum Kadal Berlidah