Kadal berlidah biru adalah kadal diurnal besar yang jinak, pendiam, lembut, dan mudah dijinakkan. Karena kadal pemeliharaan rendah dan mudah dirawat, mereka dianggap sebagai hewan peliharaan yang baik untuk anak-anak dan pemula. Skinks berasal dari Australia dan mendapatkan namanya dari lidah biru mereka yang berbeda. Meskipun mereka dikenal sebagai hewan peliharaan pemula, mereka membutuhkan banyak ruang untuk habitatnya dan substrat khusus yang sesuai dengan kebutuhannya.

Bisakah Anda Memiliki Pet Blue-Tongued Skink?

Legalitas

Sangat legal untuk memiliki kadal lidah biru sebagai hewan peliharaan pribadi, meskipun mereka memerlukan izin khusus untuk menjualnya. Karena biawak ini berasal dari Australia dan sebagian Indonesia, Anda mungkin harus melalui peternak khusus untuk mendapatkan kadal berlidah biru.

Perilaku dan Temperamen Skink Berlidah Biru

Kadal berlidah biru adalah penghuni tanah dengan tubuh pipih dan memanjang agak menyerupai penampilan ular. Mereka jinak, pendiam, lembut, dan mudah dijinakkan, itulah sebabnya mereka menjadi hewan peliharaan pemula yang hebat. Berasal dari Australia, kadal peliharaan yang tenang ini memiliki lidah biru yang berbeda (begitulah namanya), kaki pendek, dan gigi kusam. Di alam liar, kadal berlidah biru menghabiskan seluruh waktunya di tanah.

Harap diperhatikan bahwa meskipun kadal tidak agresif, mereka memiliki rahang dan gigi yang kuat, dan gigitan kadal bisa sangat menyakitkan. Meskipun sifatnya umumnya jinak, kadal berlidah biru akan menggigit jika merasa terancam, atau mendesis dan memperlihatkan lidahnya. Cobalah untuk menghindari memprovokasi atau mengejutkan mereka, dan jangan biarkan anak kecil berinteraksi dengan skink tanpa pengawasan yang tepat.

Perumahan

Kadal berlidah biru membutuhkan kandang besar, seperti tangki berukuran 40 hingga 55 galon, dengan penutup yang aman. Sediakan wadah air yang besar, dangkal, dan kokoh di dalamnya—kadal suka mandi di airnya tetapi juga sering buang air besar di sana, sehingga perlu sering dibersihkan.

Kadal berlidah biru tidak membutuhkan cabang untuk memanjat karena mereka benar-benar penghuni tanah. Sebagai gantinya, berikan mereka beberapa tempat persembunyian yang kokoh karena mereka suka menggali dan bersembunyi. Kulit gabus, kayu, batu, pipa PVC, atau tempat persembunyian reptil lainnya dapat digunakan.

Kadal terbiasa dengan sinar matahari yang cukup, dan sinar UVA/UVB membantu metabolisme, kesehatan tulang, dan banyak lagi. Untuk memastikan mereka mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan, berikan hewan peliharaan Anda sinar UVA/UVB spektrum penuh antara 10 dan 12 jam per hari. Bohlam ini akan memiliki petunjuk khusus tentang seberapa jauh untuk menjauhkannya dari skink Anda, tetapi biasanya sekitar 10 sampai 12 inci. Anda juga harus memastikan tidak ada yang menghalangi cahaya mencapai kadal Anda, kecuali layar jaring logam jika perlu.

Kebutuhan Substrat Khusus

Substrat (tempat tidur) di lingkungan kadal lidah biru Anda dapat terdiri dari serutan kayu aspen, mulsa cemara, atau bahkan koran. Apa pun yang Anda pilih, pastikan kadal Anda tidak memakannya atau kadal Anda bisa mengalami penyumbatan usus. Potongan kayu atau batu apa pun harus diletakkan dengan kuat agar tidak jatuh menimpa kadal.

Kelembaban Khusus dan Kebutuhan Pemanasan

Karena kadal berlidah biru asli Australia (seperti naga berjanggut dan kadal berleher embel-embel ), suhu harus tetap hangat, dengan gradien termal 75 hingga 85 derajat Fahrenheit dan tempat berjemur 95 derajat Fahrenheit. Kombinasi pemanas di bawah tangki dan lampu berjemur di satu sisi tangki bekerja dengan baik.

Pastikan gradien suhu yang sesuai disediakan dengan mengukur suhu di berbagai tempat di sekitar tangki, bukan hanya satu. Suhu malam hari bisa turun hingga sekitar 70 derajat Fahrenheit, tetapi suhu yang lebih dingin dari itu dapat menyebabkan beberapa masalah pada skink Anda dan membuatnya lebih rentan sakit. Tempat persembunyian lembap (seperti kotak penyimpanan plastik dengan mulsa lumut atau cemara untuk menahan kelembapan) akan membantu skink Anda melepaskan kulitnya.

Apa yang Dimakan & Diminum Kadal Berlidah Biru?

Kadal adalah omnivora sejati dan preferensi ini harus tercermin dalam makanan mereka. Variasi adalah kunci untuk menyediakan makanan bergizi bagi skink berlidah biru, dan suplemen kalsium/vitamin D harus ditambahkan ke dalam makanan mereka secara teratur untuk membantu mencegah penyakit tulang metabolik. Anda juga harus mengusahakan campuran seimbang sekitar 60 persen sayuran dan buah-buahan serta 40 persen daging. Pertimbangkan untuk menggunakan makanan berikut:

  • Kacang hijau 
  • Labu musim panas atau musim dingin
  • Wortel
  • Lobak
  • kubis
  • Bit
  • Stroberi
  • Pisang
  • Melon
  • Bluberi
  • Makanan anjing kaleng rendah lemak
  • Ulat super
  • Mealworm
  • Jangkrik
  • Tikus kelingking

Anda bisa memberi makan makanan anjing kaleng atau kelingking tikus sesekali. Jika tidak, jauhi barang-barang yang bukan buah, sayuran, atau serangga. Terlalu banyak protein tidak baik untuk sistem pencernaan atau ginjal kadal. Kadal yang lebih muda dapat diberi makan enam hari berturut-turut, memungkinkan mereka berpuasa pada hari ketujuh. Kadal dewasa dapat diberi makan dua hari sekali atau bahkan dua hari sekali, tergantung ukuran dan selera makannya.

Masalah Kesehatan Umum

Secara umum, kadal berlidah biru sangat mudah dirawat dan tidak diketahui memiliki masalah kesehatan yang serius. Masalah kesehatan yang paling umum di antara kadal (serta reptil lainnya) di penangkaran adalah penyakit tulang metabolik. Kondisi ini terjadi ketika rasio fosfor-ke-kalsium hewan tidak seimbang dan biasanya disebabkan oleh pencahayaan UV yang buruk dan terkadang pola makan yang buruk. Gejalanya meliputi tulang yang melemah atau patah, tremor, kelesuan, dan kelemahan secara keseluruhan. Seperti kadal lainnya, kadal juga bisa menderita kekurangan vitamin A — suplemen dapat membantu mencegahnya menjadi serius.

Masalah umum lainnya untuk kadal berlidah biru — dan semua kadal — adalah busuk mulut 1 , yang ditandai dengan sekresi berbusa atau keju yang keluar dari mulut, gigi, dan bibir. Ini dapat disebabkan oleh cedera makan atau stres dan harus ditangani oleh seorang profesional. Sebelum Anda membeli kadal lidah biru, pastikan ada dokter hewan di daerah Anda yang berspesialisasi dalam hewan peliharaan eksotis seperti kadal.

Perawatan diri

Penumpahan

Reptil, termasuk kadal, semua berganti kulit di beberapa titik. Frekuensi kadal lidah biru akan rontok tergantung pada usianya — kadal muda di bawah usia satu tahun akan rontok setiap dua hingga tiga minggu, sedangkan kadal dewasa hanya akan rontok setiap dua hingga tiga bulan sekali.

Jika skink Anda tidak dapat luruh sepenuhnya, atau luruh tidak teratur, itu mungkin merupakan tanda masalah kesehatan yang mendasarinya, juga dikenal sebagai dysecdysis . Kadal luruh di tambalan (bukan di seluruh tubuh seperti ular), jadi akan lebih sulit untuk mengenalinya saat luruh tidak sempurna. Jika Anda melihat kadal Anda mengalami masalah, coba tingkatkan kelembapan di kandangnya, terutama di sekitar waktu kandang. Jika tidak, Anda mungkin perlu mengunjungi dokter hewan eksotik untuk membantu kadal Anda menumpahkan dengan benar dan menangani masalah yang mendasarinya.

Membeli Skink Berlidah Biru Anda

Cobalah untuk mendapatkan kadal Anda dari peternak yang memiliki reputasi baik, yang memiliki riwayat kesehatan hewan tersebut. Kadal Anda harus memiliki mata yang jernih dan kulit yang bebas dari noda atau bercak kering (yang mungkin mengindikasikan kondisi kulit). Jika Anda dapat melihat hewan itu makan sebelum membeli, Anda dapat mengetahui apakah ia memiliki nafsu makan yang sehat. Kadal yang pincang, memiliki kelainan bentuk yang terlihat, atau menunjukkan tanda-tanda gudang yang tidak lengkap mungkin memiliki masalah kesehatan dan harus dihindari.

Hewan Piaraan Mirip dengan Skink Berlidah Biru

Jika Anda tertarik dengan kadal yang mudah dirawat tetapi tidak yakin dengan kadal berlidah biru, ada kadal ramah pemula lainnya yang bisa Anda lihat:

  • Tokek macan tutul
  • Naga berjanggut
  • Anol hijau

Jika tidak, Anda dapat melihat profil lain dari ras reptil dan amfibi ini.

FAQ
  • Apakah kadal lidah biru berbahaya sebagai hewan peliharaan?

    Tidak. Meskipun mereka dapat menggigit jika merasa terancam atau diserang, kadal berlidah biru dianggap sebagai reptil yang jinak dan tidak berbahaya untuk dipelihara sebagai hewan peliharaan.

  • Mengapa kadal lidah biru memiliki lidah biru?

    Diperkirakan oleh para ahli bahwa kadal berlidah biru mengembangkan lidah warna-warni khas mereka sebagai cara untuk mengintimidasi predator di alam liar.

  • Berapa lama kadal lidah biru hidup sebagai hewan peliharaan?

    Kadal berlidah biru diketahui hidup lebih lama di penangkaran daripada di alam liar, mencapai 20 tahun — tetapi terkadang mendekati 30 tahun — dengan perawatan dan nutrisi yang tepat.

    Baca Juga : https://www.botanicayoruba7.com/green-basilisk-lizard/

Explore More

Jenis-Jenis Ular yang Sering Muncul di Pemukiman

ular
Mei 29, 2023 0 Comments 1 tag

Bagi sebagian kalangan masyarakat, ular adalah binatang yang menakutkan sehingga seringkali harus dimusnahkan ketika menemukannya. Sebagian jenis ular memang perlu diwaspadai karena berbisa, namun tidak sedikit juga yang sebenarnya ular

National Geographic Kids : Reptilpedia

buku reptile
Mei 21, 2023 0 Comments 1 tag

Buku Reptilpedia karya Christina Wilsdon, menjelaskan banyak reptil yang akan memperkaya khasanah reptil yang belum kamu ketahui sebelumnya. Tahukah kamu kalau tidak semua reptil itu menyeramkan? Beberapa diantaranya juga ada

TOKO REPTIL SPESIALIS DI OXFORD

reptile shop
Mei 13, 2023 0 Comments 1 tag

Contents1 Toko Reptil Spesialis Oxford2 Tentang Evolusi Reptil2.1 Toko Perlengkapan Reptil Online 2.2 Mengapa berbelanja dengan Evolution Reptiles?2.3 Kesejahteraan Reptil2.4 Layanan Asrama Reptil Toko Reptil Spesialis Oxford Evolution Reptiles adalah toko