Gunung Everest di pegunungan Himalaya mungkin menjadi yang paling dikenal sebagai gunung paling tinggi di dunia dengan puncak yang mencapai 8.848 mdpl. Namun, ada sebuah gunung yang ternyata jauh tinggi bernama Mauna Kea.

Mauna Kea adalah gunung berapi tidur yang bersama Gunung Mauna Loa, Kilauea, Hualalai, dan Kohala membentuk Pulau Hawaii, pulau termuda sekaligus terbesar di Kepulauan Hawaii, Amerika Serikat.

Di laman National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) disebutkan bahwa penentuan Mauna sbobet mix parlay Kea sebagai gunung tertinggi diambil dari pengukuran ketinggiannya yang dihitung dari dasar gunung ke puncak mencapai 10.210 meter. Namun, yang membuatnya berbeda adalah dasar Gunung Mauna Kea terendam sekitar 5.116 meter di dasar laut.

Perbandingan Gunung Mauna Kea dengan Gunung Everest. Dok. NOAA

Dikutip dari Caladan Oceanicseorang penjelajah Victor Vescovo dan ilmuwan konservasi laut Dr. Clifford Kapono mencoba melakukan pendakian penuh Gunung Mauna Kea dari dasar gunungnya hingga ke puncak pada Februari 2021.

Mereka berdua memulai perjalanan dengan ber-kayak sejauh 43 km dari laut lepas ke daratan di mana terletaknya titik mula pendakian Mauna Kea. Selanjutnya mereka melanjutkan perjalanan dengan bersepeda sejauh 60 km menuju kamp yang ada di ketinggian 2.743 mdpl.

Dari kamp tersebut Victor dan Clifford menyelesaikan pendakian menuju puncak gunung menempuh sejauh 9,6 km treking.

Mereka berdua mencatat ketinggian yang diraih dari pendakian penuh (dari dasar gunung ke puncak) tersebut mencapai 9.323 meter, melebihi ketinggian Puncak Everest yang dasar puncaknya berada atas permukaan laut.

Jika melirik titik mula pendakian Everest sendiri pun beragam, ada yang menghitungnya dari sebuah desa bernama Lukla yang berada di ketinggian 2.807 mdpl dan ada pula yang menghitungnya dari Everest Base Camp yang berada di ketinggian 5.400 mdpl.

Jalur pendakian penuh Victor Vescovo dan Clifford Kapono. Dok. Caladan Oceanic

Namun, menilik ketinggian yang berbeda itu, tetap saja usaha yang dibutuhkan untuk mendaki Mauna Kea tidak segila seperti kebutuhan pendakian Gunung Everest.

Pendakian penuh seperti yang dilakukan Victor dan Clifford untuk mencapai puncak Mauna Kea hanya membutuhkan waktu tiga hari. Sedangkan untuk mendaki Puncak Everest dibutuhkan waktu enam sampai sembilan minggu dengan biaya yang besar mulai dari US$30.000 sampai US$60.0000.

Mauna Kea (/ˌmnə ˈkə/Hawaii: [ˈmɐwnə ˈkɛjə]; singkatan dari Mauna a Wākea) adalah Gunung berapi tidur di pulau Hawaiiʻi. Puncaknya berada pada ketinggian 4.207,3 m (13.803 ft) di atas permukaan laut, hal ini menjadikannya titik tertinggi di negara bagian Hawaiiʻi dan puncak tertinggi kedua dari sebuah pulau di Bumi. Puncaknya kira-kira 38 m (125 ft) lebih tinggi dari Mauna Loa, tetangganya yang lebih masif. Mauna Kea luar biasa menonjol secara topografi untuk ketinggiannya: keunggulan basahnya adalah kelima belas di dunia di antara pegunungan, pada 4.207,3 m (13.803 ft); prominence keringnya 9.330 m (30.610 ft) adalah kedua di dunia setelah Gunung Everest.[8] Tonjolan kering ini lebih tinggi dari ketinggian Gunung Everest di atas permukaan laut 8.848,86 m (29.032 ft), dan beberapa pihak berwenang telah melabeli Mauna Kea sebagai gunung tertinggi di dunia, dari dasar bawah lautnya.[a]

Usianya sekitar satu juta tahun dan dengan demikian melewati tahap perisai paling aktif dalam kehidupan ratusan ribu tahun yang lalu. Dalam keadaan post-shield saat ini, lavanya lebih kental, dan menghasilkan profil yang lebih curam. Vulkanisme akhir juga telah memberikan penampilan yang jauh lebih kasar daripada gunung berapi tetangganya karena konstruksi Kerucut piroklastik, desentralisasi rift zone-nya, glatser pada puncaknya, dan pelapukan oleh pertukaran hembusan angin yang berlaku. Mauna Kea terakhir meletus 6.000 hingga 4.000 tahun yang lalu dan sekarang dianggap tidak aktif.

Di agama Hawaii, puncak pulau Hawaiiʻi dianggap suci. Hukum kuno hanya mengizinkan aliʻi berpangkat tinggi untuk mengunjungi puncaknya. Hawaii Kuno yang tinggal di lereng Mauna Kea mengandalkan hutannya yang luas untuk makanan, dan menambang basal gunung berapi-glasial yang lebat di sisinya untuk alat produksi. Ketika orang Eropa tiba pada akhir abad ke-18, pemukim memperkenalkan ternak, domba, dan hewan buruan, banyak di antaranya menjadi liar dan mulai merusak keseimbangan ekologi gunung berapi. Mauna Kea secara ekologis dapat dibagi menjadi tiga bagian: Iklim alpin di puncaknya, hutan Sophora chrysophyllaMyoporum sandwicense (atau māmane–naio) di sisi-sisinya, dan hutan Akasia koaMetrosideros polymorpha (atau koa–ʻōhiʻa), sekarang sebagian besar dibuka oleh bekas industri gula di pangkalannya. Dalam beberapa tahun terakhir, kekhawatiran atas kerentanan spesies asli telah menyebabkan kasus pengadilan yang memaksa Departemen Tanah dan Sumber Daya Alam Hawaiʻi untuk bekerja menuju pemberantasan semua spesies liar di gunung berapi.

Dengan ketinggiannya yang tinggi, lingkungan yang kering, dan aliran udara yang stabil, puncak Mauna Kea adalah salah satu situs terbaik di dunia untuk pengamatan astronomi. Sejak pembuatan jalan akses pada tahun 1964, tiga belas teleskop yang didanai oleh sebelas negara telah dibangun di puncak. Observatorium Mauna Kea digunakan untuk penelitian ilmiah di seluruh spektrum elektromagnetik dan merupakan fasilitas terbesar di dunia. Konstruksi mereka di lanskap yang dianggap keramat oleh penduduk asli Hawaii terus menjadi topik perdebatan hingga hari ini.

Baca Juga : https://www.botanicayoruba7.com/7-fakta-unik-angsa-hewan-setia-yang-cepat-belajar-dan-pemberani/

Explore More

Everest: Puncak tertinggi di dunia yang terus bertambah tinggi, tapi akankah berhenti?

gunung everest
Juni 25, 2023 0 Comments 1 tag

Contents1 Puncak tertinggi2 Bagaimana puncak Everest terbentuk?3 Efek erosi4 Bagaimana puncak gunung diukur?5 Dampak gempa besar6 Akankah terus tumbuh? Tapi, alih-alih mengambil rute pendakian tradisional selama 12 hari, ia terbang

Pendaki Termuda Rencanakan Mendaki Gunung Cho Oyu

gunung cho oyu
Juli 19, 2023 0 Comments 1 tag

Contents1 Ketinggian2 Sejarah pendakian2.1 Pendakian2.2 Garis waktu pendakian Remaja 13 tahun Amerika Serikat yang dinobatkan menjadi pendaki Mount Everest termuda, Kamis, mengumumkan tahun ini akan mendaki puncak gunung tertinggi keenam

Gunung Kerinci di Pulau Sumatera: Tinggi, Jalur Pendakian, dan Waktu Tempuh

gunung kerinci
Agustus 19, 2023 0 Comments 2 tags

Contents1 Jalur Pendakian Gunung Kerinci1.1 1. Tahap Desa Kersik Tuo – Pintu Rimba1.2 2. Tahap Pintu Rimba – Bangku Panjang1.3 3. Tahap Bangku Panjang – Batu Lumut1.4 4. Tahap Batu