Panda adalah mamalia dari keluarga beruang. Hewan asal Tiongkok ini memiliki ciri warna bulu hitam dan putih, serta bentuk lucu dan menggemaskan. Binatang ini sangat populer di dunia, bahkan menjadi inspirasi beberapa tokoh film kartun, seperti Po pada karakter animasi Kung Fu Panda.

Meski termasuk keluarga beruang, namun hewan ini tidak memakan daging atau karnivora. Makanan panda adalah tumbuhan, terutama bambu. Selain itu, panda juga memakan telur dan serangga sehingga masuk dalam kategori omnivora.

Taksonomi

Dalam istilah latin, panda mempunyai nama Ailurpoda melanouela. Berikut adalah klasifikasi ilmiah hewan hitam putih lucu ini, yaitu:

Kingdom Animalia
Subkingdom Bilateria
Infrakingdom Deuterostomia
Phylum Chordata
Subphylun Verterbrata
Infraphylum Gnathostimata
Superclass Tetrapoda
Class Mammalia
Subclass Theria
Infraclass Eutheria
Order Carnivora
Suborder Caniformia
Famili Ursidae
Genus Ailurpoda
Species Ailurpoda melanouela

Morfologi

Tubuh panda berpostur gembul dengan warna bulu kombinasi hitam dan putih. Secara lebih lengkap berikut adalah ciri-ciri binatang asal Negeri Tirai Bambu ini, antara lain:

1. Bentuk dan Ukuran

Secara umum, panda bertubuh besar dan gemuk. Wajahnya berbentuk bulat serta ekornya pendek.

Ukuran tubuh panda dewasa biasanya sekitar 150 cm sampai 160 cm yang dihitung dari ujung ekor hingga hidung. Sedangkan ukuran tangan dan kaki panjangnya sekitar 90 cm.

Bobot tubuh hewan ini bisa mencapai 150 kg untuk jenis kelamin jantan dan untuk jenis kelamin betina 10% sampai 20% lebih berat.

2. Warna Bulu

Ciri khas utama panda adalah warna rambut hitam dan putih. Warna bulu hitam terdapat mata panda pada sekitar tungkai, mata, telinga dan bahu. Sedangkan bagian lainnya berwarna putih.

3. Gigi dan Cakar

Mirip seperti kerabatnya beruang, satwa ini mempunyai boneka panda gigi taring besar. Gigi taring ini berguna saat panda memakan bambu. Selain itu, binatang lucu ini juga memiliki gigi geragham dan gigi seri yang sangat kuat.

Tangan dan kaki panda masing-masing mempunyai jari dengan cakar tajam dan kuat.

Habitat dan Sebaran

Panda hidup di lingkungan hutan pegunungan beriklim sedang dan hampir keseluruhan asupan makanannya adalah bambu. Hewan menggemaskan ini berasal dari Tiongkok atau Cina, tepatnya dari kawasan hutan di pegunungan barat daya.

Sedangkan di Indonesia dan negara-negara lainnya, panda biasanya hidup di kebun binatang. Salah satunya dipelihara di Taman Safari Bogor, Jawa Barat.

Status Kelangkaan dan Populasi

Menurut data dari IUCN (International Union for Conservation of Nature), hewan ini sempat mengalami kelangkaan populasi dan berstatus terancam puah. Namun pada tahun 2021, melalui kegiatan konservasi Tiongkok berhasil meningkatkan populasinya sehingga berstatus rentan.

Ancaman pada jumlah panda di alam liar adalah aktifitas perburuan liar, hilangnya habitat, perambahan hutan dan reproduksi yang terhambat di penangkaran. Saat ini diperkirakan 1.800 ekor panda hidup di alam liar dan 100 ekor hidup di kebun binatang di beberapa negara.

Tiongkok sebagai negara asalnya, saat ini tengah melakukan upaya pemeliharaan cagar alam, membuat aturan perburuan, serta langkah-langkah lain agar populasi panda tetap lestari.

Perilaku dan Cara Hidup

Jika umumnya hewan dari keluarga beruang melakukan hibernasi saat musim dingin, panda tidak melakukan itu. Akan tetapi, satwa ini akan turun ke tempat yang rendah selama musim dingin.

Panda gendut tidak membuat sarang permanen, binatang ini tidur di pohon atau gua sehingga disebut hewan terestrial. Hewan terestrial adalah jenis hewan yang berkeliaran di darat dan merupakan hewan soliter atau penyendiri. Namun saat musim kawin, mereka akan mencari pasangannya.

Satwa hitam putih ini sangat lihai dalam memanjat serta mampu berlari cepat, rata-rata kecepatan lari seekor panda adalah 20 mil per jam dan saat berjalan biasa sekitar 1,2 sampai 1,8 mil per jam. Selain itu, ternyata panda juga mempunyai kemampuan berenang. Biasanya panda akan berenang saat menghindari bahaya yang ada di daratan.

Warna bulu hitam dan putih pada tubuh panda ternyata berguna untuk kamuflase. Dalam sebuah penelitian melalui analisis foto, warna hitam menjadikannya dapat berbaur dengan warna gelam dan batang pohon, sedangkan warna putih cocok dengan warna daun dan salju. Analisis foto panda dalam studi tersebut dilakukan dengan mengamati gambar.

1. Reproduksi

Musim kawin panda terjadi antara bulan Maret hingga Mei. Pada saat tersebut, betina akan mengalami estrus atau birahi selama 1-3 hari dan umumnya terjadi penundaan implantasi selama 1,5 bulan hingga 4 bulan. Kondisi tersebut disebabkan oleh pengaruh iklim sehingga anak panda lahir pada keadaan lingkungan yang stabil.

Saat panda betina tengah birahi, ia akan menjadi kurang aktif, gelisah, kehilangan nafsu makan dan vulva membengkak.

Biasanya anak panda lahir pada bulan Agustus hingga September. Seperti dengan beruang, anak tersebut lahir dalam kondisi buta dan tidak berdaya. Namun yang membedakan dengan jenis beruang, anak panda lahir dengan tubuh yang telah ditumbuhi bulu tipis.

anak pandaanak panda Pixabay

Bobot anakan biasanya berkisar 85 gram sampai 140 gram. Induknya akan menyusui anakan sekitar 14 kali dalam sehari selama 30 menit.

Anak panda mempunyai kemampuan melihat pada usia 3 minggu dan masih tidak mampu bergerak sendiri hingga usia 3 atau 4 bulan. Anak tersebut akan disapih saat usianya menginjak 46 minggu.

Untuk panda yang hidup di penangkaran, umumnya cenderung sulit untuk berkembang biak sehingga menjadi tantangan yang cukup sulit.

Usia harapan hidup panda sekitar 34 tahun di penangkaran meski jarang terjadi. Umumnya usia maksimalnya hanya 26 tahun hingga 30 tahun. Sedangkan jika hidup di alam liar, usia harapan hidupnya belum diketahui.

2. Makanan

Satwa lucu ini membutuhkan asupan energi yang besar, sehingga cenderung bergerak hanya untuk mencari makan. Saat makan, panda dapat menghabiskan waktu 10 jam hingga 12 jam per hari.

Sumber makanan utama panda adalah bambu. Komposisi bahan makanan tersebut bahkan mencapai 99% dari total keseluruhan makanannya. Saat makan, posisinya tegak dengan kaki depan memegang batang bambu.

Dinding perut panda memiliki otot yang kuat sehingga mampu mencerna makanan berupa bambu. Selain itu, ususnya juga ditutupi oleh lapisan lendir tebal yang berguna untuk melindungi dari serpihan bambu.

Disamping bambu, makanan lain hewan ini adalah tumbuhan, buah, mamalia kecil, ikan dan serangga.

3. Peran Dalam Ekosistem

Panda berperan penting dalam menyebarkan benih bambu. Populasi panda di alam liar berbanding lurus dengan populasi bambu pada habitatnya. Bisa dikatakan semakin banyak bambu, maka panda populasi panda akan tetap lestari.

Fakta Unik Panda

Melihat bentuk satwa lucu ini tentu membuat kita gemas. Berikut ini adalah keunikan dari panda yang sangat menarik, antara lain:

1. Satwa Lucu

Panda adalah satwa yang sangat lucu. Bentuknya yang tambun dengan perut gendut, serta warna bulu hitam putih menjadikannya semakin menggemaskan.

Selain itu, tingkah laku seperti sering berguling-guling, bermain, hingga memanjat pohon juga disukai banyak orang. Oleh karena itu, banyak mainan seperti boneka dibuat karena memang mereka banyak penggemar dan peminatnya.

2. Tokoh Film Animasi

Selain diproduksi dalam bentuk boneka, binatang unik ini juga menjadi tokoh film tentang hewan. Salah satu yang populer adalah Kung Fu Panda.

gambar kartun panda pogambar kartun panda po Pinterest

Film tersebut disukai oleh banyak pemirsa di seluruh dunia karena cerita yang menarik dan menghibur. Selain film itu, ada juga film lain seperti We Bare Bears, The Amazing Panda Adventure, Pandas, dan lainnya.

3. Nafsu Makan Besar

Panda menghabiskan banyak waktu kesehariannya untuk makan. Makanan utamanya adalah bambu. Setiap hari, hewan ini dapat mengonsumsi bambu sekitar 38 kg agar kebutuhan energinya tercukupi.

Lebih menarik lagi, satu pucuk bambu bisa dihabiskan dalam waktu 40 detik. Berbanding lurus dengan porsi makannya yang banyak, maka jumlah kotorannya pun mencapai 27 kg per hari.

4. Cepat Tumbuh

Anak panda yang berukuran kecil dapat tumbuh besar hanya dalam beberapa tahun saja. Untuk mencapai berat 45 kg, hanya diperlukan waktu 1 tahun.

5. Enam Jari

Tangan panda memiliki jari berjumlah enam. Ada jempol tambahan yang tumbuh berlawanan dengan lima jari lainnya. Jempol ini membantunya untuk memegang bambu dan membuang batan dan daunnya sebelum dimakan.

6. Suka Tidur

Selain makan, keseharian satwa ini dihabiskan untuk tidur. Pola tidurnya dilakukan pada siang hari dibandingkan malam hari. Hewan lucu ini akan tidur 2 jam sampai 4 jam setelah makan. Saat musim panas, mereka bahkan bisa tidur hingga lebih dari 6 jam.

Keunikan lainnya adalah posisi tidurnya yang unik. Hewan ini tidak peduli dengan posisi tidurnya, yaitu tidur terlentang, menyamping, atau posisi perut meringkuk seperti bola.

7. Keluarga Beruang

Berdasarkan klasifikasi ilmiahnya, panda masih dalam satu keluarga dengan beruang. Satwa ini termasuk beruang berukuran sedang. Dibandingkan dengan beruang lainnya, panda memiliki kombinasi warna paling menarik dan kontras.

Baca Juga : https://www.botanicayoruba7.com/fakta-k2-gunung-tertinggi-kedua-di-dunia/

Tags:

Explore More

Daftar Hewan Terkecil di Dunia Selain Semut

hewan terkecil di dunia
Agustus 5, 2023 0 Comments 2 tags

Contents1 Daftar Hewan Terkecil di Dunia1.1 1. Baluchistan Pygmy Jerboa (Salpingotulus michaelis)1.2 2. Bumblebee Bat (Craseonycteris thonglongyai)1.3 3. Katak Paedophryne Amauensis1.4 4. Bunglon Brookesia Micra1.5 5. Burung Kolibri Lebah (Mellisuga helenae)1.6 6.

7 Fakta Unik Angsa, Hewan Setia yang Cepat Belajar dan Pemberani

angsa
Juli 17, 2023 0 Comments 1 tag

Teman-teman pasti sudah tidak asing dengan hewan yang bernama angsa. Angsa merupakan jenis unggas yang memiliki nama ilmiah Cygnus. Jenis angsa yang banyak dikenal berwarna putih, tapi selain itu angsa memiliki beberapa spesies lain,

Mengenal Satwa Nusantara Banteng Jawa

banteng
Juli 25, 2023 0 Comments 1 tag

Contents1 Ayo Kenali Banteng Jawa1.1 Habitat1.2 Apa Yang Membuatnya Terancam Punah?1.3 Apa Yang Menjadi Kebiasaan Mereka?1.4 Memiliki karakteristik yang mencolok2 Taksonomi dan asal-usul2.1 Subspesies Apakah sahabat dapat menyebutkan subspesies banteng