Pohon Sbobet merupakan salah satu organisme tertua yang menghuni bumi sejak 385 juta tahun yang lalu. Pohon juga miliki kegunaan yang sangat diperlukan makhluk hidup lainnya, salah satunya menyediakan oksigen dan menyerap karbon dioksida.

Ternyata di dunia ini, tersedia sebagian pohon yang dinobatkan sebagai pohon tertua. Bahkan di antaranya masuk ke dalam Guinness World Record dan diperkirakan sudah berusia ribuan tahun.

Dikutip dari lansiran USA Today dan Live Science, berikut daftar pohon tertua di dunia :

1. Pohon Methuselah

Menurut Guinness World Record, pohon tertua di dunia pohon methuselah yang merupakan pohon pinus bristlecone great basin (Pinus longaeva). Pohon ini bisa ditemukan di Pegunungan Putih, California, Amerika Serikat.

Pohon Pinus longaeva diketahui sudah hidup sepanjang lebih dari 4.800 tahun (4.854 tahun terhadap 2022). Methuselah ditemukan oleh Edmund Schulman terhadap tahun 1957 dan sampel intinya di cek dan di konfirmasi oleh Laboratory of Tree Ring Research at University of Arizona.

Methuselah juga ke dalam kategori ekstremofil yang artinya spesies ini bisa bertahan dalam keadaan lingkungan yang keras layaknya suhu ekstrem, ketinggian yang sangat tinggi dan tingkat pH yang berbeda. Pohon ini bisa tumbuh sangat lama untuk menjaga diri.

Sampai dengan Oktober 2022 pohon ini diketahui tetap hidup. Lokasi pohon methuselah dirahasiakan oleh Departemen rimba AS untuk memelihara pohon dari vandalisme.

National Geographic mengutarakan bahwa para ilmuwan yakin bahwa methuselah merupakan makhluk hidup tunggal tertua di Bumi.

Baca juga:

Iguana – Jenis, Habitat, Cara Pelihara, Keunikan & Beda Dengan Bunglon

Inilah Berbagai Jenis Reptil Yang Mirip Naga Iguana

2. Pohon Pinus Bosnia

Pinus bosnia (Pinus helderecchi) merupakan pohon tertua di Eropa yang diberi label berikut terhadap tahun 2016. Pada tahun berikut umur pohon ini adalah 1.075 tahun dan tumbuh di Yunani.

Pohon ini juga disebut sebagai Adonis yang mengambil dari nama dewa kecantikan, kemudaan dan hasrat dari mitologi Yunani.

Diketahui pohon ini merasa tumbuh terhadap tahun 941 M, disaat Viking tetap menyerang di sepanjang garis pantai Eropa.

Eropa merupakan tempat tinggal bagi sebagian pohon tua namun pohon-pohon ini belum ditetapkan secara formal sebagai pohon tertua di dunia. Misalnya adalah pohon yew diperkirakan berusia 4.000 tahun yang terkandung di Wales Utara.

3. Pohon Klonal

Pohon klonal merupakan koloni klonal yang terdiri atas pohon yang sama secara genetik dan dihubungkan oleh suatu sistem akar. Salah satunya adalah Pando yang terdiri atas 40.000 pohon aspen (Populus tremuloides). Aspen terdapat di rimba Nasional Fishlake di bagian selatan-tengah Utah, koloni ini sudah berusia 80.000 tahun.

Pada tahun 2008 ditemukan pohon tertua dari koloni ini yaitu Old Tjikko yang merupakan pohon cemara Norwegia.

Pohon ini terdapat di Pegunungan Fulufjället di Swedia dan berusia sekitar 9.550 tahun. Tjikko dianggap hanya satu pohon yang tetap tetap hidup dari koloni tua layaknya Pando.

Diketahuinya umur pohon ini melalui penanggalan karbon-14 terhadap sistem akarnya. Menurut pernyataan dari Universitas Umea, para ilmuwan mendapatkan empat generasi pohon cemara yang tersisa. Semua pohon cemara berikut miliki susunan genetik yang sama.

Pohon cemara berkembang biak dengan cabang-cabang yang menembus akar untuk menghasilkan salinan atas dirinya sendiri. Meskipun batang individu lebih muda, organisme ini mengkloning dirinya sendiri sepanjang 9.550 tahun.

Universitas Umea juga melaporkan bahwa terkandung sekelompok pohon yang terdiri atas 20 pohon cemara ditemukan di pegunungan Swedia. Kumpulan pohon ini diperkirakan berusia lebih dari 8.000 tahun.

Explore More

Mengenal Tanaman Beracun Nerium Oleander

Oleander
Juli 23, 2023 0 Comments 1 tag

Di Indonesia, bunga jepun atau bunga mentega sering dijumpai di pekarangan rumah. Bunga jepun merupakan spesies bunga tropis yang memiliki kelopak bunga indah dengan dedaunan hijau memanjang. Tanaman ini biasa

Tumbuhan Angiospermae: Pengertian, Ciri, Reproduksi, Siklus, Klasifikasi & Contoh

tumbuhan angiospermae
Juni 22, 2023 0 Comments 1 tag

Contents1 PENGERTIAN ANGIOSPERMAE2 CIRI-CIRI ANGIOSPERMAE3 SISTEM REPRODUKSI ANGIOSPERMAE3.1 RERPRODUKSI VEGETATIF3.1.1 RERPRODUKSI VEGETATIF ALAMI3.1.2 RERPRODUKSI VEGETATIF BUATAN3.2 REREPRODUKSI GENERATIF4 PENYERBUKAN (POLINASI) ANGIOSPERMAE5 KLASIFIKASI ANGIOSPERMAE5.1 KELAS MONOKOTIL5.2 KELAS DIKOTIL6 MANFAAT ANGIOSPERMAE Tumbuhan

Sempat Punah 3 Dekade, Lentera Peri Muncul di dalam Hutan Jepang

Mei 7, 2023 0 Comments 3 tags

Ilmuwan Jepang ulang menamukan tanaman lentera peri di kedalaman hutan Jepang. Spesies yang diperkirakan punah ini merupakan keliru sau type tumbuhan parasit yang langka. Dalam sebuah jurnal yang terbit terhadap