Puncak Tertinggi di Indonesia yang Tertutup Salju, Pegunungan Jayawijaya

gunung jayawijaya
Agustus 17, 2023 0 Comments

Gunung Jayawijaya atau Gunung Carstensz dikenal sebagai gunung tertinggi di Indonesia yang puncaknya tertutup salju abadi. Ketinggian Gunung Jayawijaya adalah sekitar 4.884 meter di atas permukaan laut (m dpl) dengan puncak tertingginya bernama Carstensz Pyramid atau Puncak Carstensz.

Lokasi Gunung Jayawijaya berada di dua wilayah negara yaitu Provinsi Papua di Indonesia yang membentang luas hingga ke negara Papua Nugini. Gunung Jayawijaya juga masuk dalam kawasan Taman Nasional Lorentz (TN Lorentz) sebagai kawasan konservasi dengan ekosistem terlengkap di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara.

Faktanya, Gunung Jayawijaya bukanlah kawasan gunungapi, melainkan sebuah gunung yang berada di rangkaian pegunungan karang (limestone), tepatnya di kawasan pegunungan Sudirman. Selain itu, Gunung Jayawijaya merupakan salah satu dari Indonesia Seven Summits dan World Seven Summits, yang telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1999.

Nama Puncak Gunung Jayawijaya

Sebagai sebuah rangkaian pegunungan, Gunung Jayawijaya memiliki beberapa puncak.

1. Carstensz Pyramid atau Puncak Carstensz (4.884 mdpl)
2. Puncak Jaya (4.862 mdpl)
3. Puncak Mandala (4.760 mdpl)
4. Puncak Trikora (4.730 mdpl)
5. Puncak Idenberg (4.673 mdpl)
6. Puncak Yamin (4.535 mdpl)
7. Puncak Carstensz Timur (4.400 mdpl)

Selain itu, tidak semua puncak Gunung Jayawijaya ditutupi salju abadi terlebih setelah adanya penyusutan lapisan es karena perubahan iklim. Dilansir dari pemberitaan, hasil penelitian BMKG memperlihatkan terjadinya penyusutan lapisan es di Puncak Jaya.

“Penyusutan gunung es puncak Jayawijaya yang diteliti oleh BMKG, diprediksi tahun 2025 es itu sudah punah, sudah tidak ada di Puncak Jaya Wijaya lagi,” kata Dwikorita dalam rapat dengar pendapat (RDP) Komisi V DPR, Senin (21/3/2022) kemarin.

Dwikorita mengatakan, saat ini hanya tersisa 1 persen area es di Puncak Jayawijaya. “Puncak Jaya dari 200 kilometer persegi, sekarang tinggal 2 kilometer persegi,” ujar Dwikorita.

Asal Nama Carstensz dan Pendakian Pertama Gunung Jayawijaya

Nama Carstensz yang disematkan pada puncak Gunung Jayawijaya diambil dari cerita sejarah pada tahun 1623. Saat itu seorang pelaut Belanda bernama Jan Carstenszoon melihat puncak tersebut melalui teropong dalam pelayarannya melintasi pantai selatan Laut Arafura.

Baca Juga : Berada Ribuan Meter di Atas Permukaan Laut, Inilah 3 Desa Tertinggi di Indonesia

Kemudian pada tahun 1962, untuk pertama kalinya tercatat adanya pendaki yang berhasil mencapai puncak Gunung Jayawijaya. Orang yang pertama kali mencapai puncak adalah Heinrich Harrer, yaitu seorang pria berkebangsaan Austria. Selama pendakian Heinrich dibantu bersama tiga anggota ekspedisi lainnya, yaitu Russell Kippax, Albertus Huizinga, dan Robert Philip Temple.

Jalur Pendakian Gunung Jayawijaya

Pendakian Gunung Jayawijaya dapat dilakukan via Ilaga dan Sugapa.

Berikut adalah urutan jalur pendakian Gunung Jayawijaya via Sugapa.

1. Timika – Sugapa, bisa ditempuh dengan pesawat twine otter berbaling-baling.

3. Suanggama – Jambusinga Camp (2.181 m dpl), ditempuh dengan trekking selama sekitar 8 jam.

4. Jambusinga Camp – Endasinga Camp (3.222 m dpl), ditempuh dengan trekking selama sekitar 9 jam.

5. Endasinga Camp – Ebay Camp (3.580 m dpl), ditempuh dengan trekking selama sekitar 7 jam.

6. Ebay Camp – Nasidome Camp (3.726 m dpl), ditempuh dengan trekking selama sekitar 7 jam.

8. Basecamp Danau-danau – Puncak Carstensz (4.884 mdpl)

Biaya Pendakian Gunung Jayawijaya

Sebagai salah satu dari Indonesia Seven Summits dan World Seven Summits, menaklukkan puncak Gunung Jayawijaya menjadi salah satu incaran para pendaki baik lokal maupun internasional.

Meski begitu, pendakian untuk menaklukkan puncak Gunung Jayawijaya disebut menjadi yang termahal di Indonesia. Dilansir dari pemberitaan Kompas.com, biaya pendakian pada 2016 ke Puncak Carstensz di Gunung Jayawijaya memakan biaya sekitar 55 juta rupiah per orang.

Tentunya saat ini biaya pendakian ke Puncak Carstensz di Gunung Jayawijaya sudah naik jauh lebih mahal dari sebelumnya.