Sama seperti hewan, ternyata tersedia banyak tumbuhan indah tapi berbahaya dan beracun. Tumbuhan berikut telah banyak memakan korban bersama dengan hilangnya nyawa manusia sepanjang sejarah.

Umumnya, tumbuhan berikut meracuni manusia lewat kontak fisik, seperti terkena duri atau racun berasal dari senyawa kimia yang dikandungnya.

Berikut adalah beberapa tanaman kondang paling mematikan di dunia.

1. Deadly Nightshade (Atropa belladonna)

Merupakan keliru satu tanaman yang paling kondang karena mematikan. Deadly Nightshade mempunyai kandungan atropin dan skopolamin di batang, daun, beri, dan akarnya. Zat-zat berikut dapat mengakibatkan kelumpuhan terhadap otot sampai jantung. Bahkan kontak fisik bersama dengan daun dapat mengakibatkan iritasi kulit.

Tanaman beracun ini terhitung didalam famili yang sama bersama dengan tomat, kentang, dan terong, dan dapat ditemukan di semua Eropa, terhitung Inggris, Afrika Utara, Asia Barat, dan beberapa wilayah Amerika Serikat dan Kanada.

Meski dianggap mematikan, sejumlah penelitian modern mendapatkan manfaat atropa belladonna untuk produk kosmetik dan obat-obatan. Misalnya, dapat dijadikan obat tetes mata untuk melebarkan dan mencerahkan mata. Untungnya, hal ini jarang dijalankan waktu ini, karena pengaruh buruknya terhitung distorsi visual dan bahkan kebutaan.

2. Tembakau (Nicotiana tabacum)

Tembakau adalah tanaman non-pangan komersial yang paling banyak ditanam di dunia, dan terhadap tahun 2020 digunakan oleh lebih kurang 22,3% populasi global. Meski populer, semua bagian tanaman, khususnya daunnya, mempunyai kandungan alkaloid beracun yang disebut nikotin dan anabasine.

Tembakau ditetapkan sebagai racun jantung dan jika dimakan langsung bahkan dapat mengakibatkan kematian. Secara tidak langsung, tembakau tetap amat berbahaya, menurut WHO. Bahkan, tanaman ini bertanggung jawab atas kematian 8 juta orang per tahun, khususnya akibat merokok.

Baca juga:

Pohon Tertua di Dunia, Ada yang Berusia 8.000 Tahun

Inilah Berbagai Jenis Reptil Yang Mirip Naga Iguana

3. Manchineel (Hippomane mancinella)

Pohon Manchineel ditemukan di tempat tropis Amerika, dan dikenal sebagai pohon paling berbahaya di dunia. Setiap bagian pohon, mulai berasal dari kulit kayu sampai getahnya amat beracun.

Buah berasal dari pohon michaellanning ini, yang paling kemungkinan dikonsumsi tanpa disadari, adalah yang paling berbahaya. Satu gigitan saja dapat mengakibatkan penderitaan, dan berpotensi kematian. Bahkan berdiri di bawah pohon waktu hujan pun berbahaya, karena getah yang menetes mengakibatkan kulit terbakar dan melepuh.

4. Lily-Of-The-Valley (Convallaria majalis)

Lily-Of-The-Valley, tanaman berbunga mahal yang kondang karena wanginya yang lembut dan simbolisme cinta dan kebahagiaan (bahkan ditampilkan didalam karangan bunga pernikahan Duchess of Cambridge) sebetulnya amat beracun. Hal ini disebabkan oleh tingginya konsentrasi glikosida yang dapat mengakibatkan serangan jantung. Tak hanya itu, bunga dan juga buah merahnya dapat berakibat fatal jika dimakan.

Seperti banyak tanaman beracun lainnya, Lily-Of-The-Valley telah digunakan didalam penyembuhan tradisional sepanjang berabad-abad, mulai berasal dari penyembuhan asam urat sampai penyembuhan kebisuan. Namun belum tersedia bukti ilmiah bahwa tanaman berikut dapat mengobati penyakit manusia.

5. Oleander (Nerium oleander)

Dikenal karena bentuknya yang cantik, tapi tanaman ini penuh bersama dengan racun. Seperti Lily-Of-The-Valley, Oleander mempunyai kandungan glikosida yang dapat berbahaya untuk jantung.

Jika dimakan, oleander dapat mengakibatkan muntah, diare, denyut nadi tidak menentu, kejang, koma, dan kematian. Kontak bersama dengan daun dan getahnya terhitung dapat mengiritasi kulit bagi beberapa orang.

Explore More

5 Fakta K2, Gunung Tertinggi Kedua di Dunia yang Jadi ‘Pride’ Pendaki

gunung k2
Juni 27, 2023 0 Comments 1 tag

Contents1 1. Memiliki selisih ketinggian hanya sekitar 200-an m dari Gunung Everest2 2. K2 memiliki sejumlah nama3 3. Termasuk tiga besar gunung paling mematikan di kelompok “eight thousanders”4 4. Sejumlah

Tanaman Raksasa Hogweed Umumnya Terdapat di Amerika Serikat dan Inggris

hogweed
Juli 2, 2023 0 Comments 1 tag

Contents1 Tanaman Raksasa Hogweed Umumnya Terdapat di Amerika Serikat dan Inggris2 Korban Tanaman Hogweed Tidak Cuma Satu Hogweed, sebuah nama yang cukup keren, tapi kamu nggak akan menganggapnya keren lagi

5 Jenis Jaringan Tumbuhan & Fungsinya, Ada Apa Saja?

jaringan tumbuhan
Mei 22, 2023 0 Comments 1 tag

Contents1 1. Jaringan Meristem2 2. Jaringan Penyokong3 3. Jaringan Dasar/Parenkim4 4. Jaringan Pengangkut5 5. Jaringan Pelindung/Epidermins Apa kamu tahu kenapa pohon bisa bertambah besar dan tinggi? Hal itu dikarenakan sel-sel